Beasiswa S1 D4 Jurusan Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang, Daftar Segera. Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa bagi mahasiswa S1/D4 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang untuk belajar selama 1 tahun di universitas di Jepang.

Pada saat ini ribuan siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan dinas.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan, Denpasar dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Beasiswa S1 D4 Jurusan Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang, Daftar Segera

Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk masa studi selama 1 tahun periode September/Oktober 2024 – Agustus/September 2025.

Mau belajar di Jepang dengan gratis? Ada baiknya kamu simak informasi beasiswa berikut ini! Program non-gelar ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang. Peserta yang telah menyelesaikan program ini akan mendapatkan sertifikat.

Baca :  Sistem Undang-undang Ketenagakerjaan Jepang

Masa pendaftaran dimulai sejak 27 Desember 2023 sampai 22 Januari 2024. Nantinya, ujian tulis akan dilaksanakan pada pertengahan Februari 2024 dan seleksi wawancara pada awal Maret 2024.

Manfaat Beasiswa ke Jepang

Mendapatkan beasiswa untuk belajar di Jepang dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi para penerima. Berikut adalah beberapa manfaat umum yang dapat diperoleh melalui beasiswa ke Jepang:

  1. Akses ke Pendidikan Berkualitas:
    • Jepang memiliki banyak universitas dan lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang menawarkan program-program berkualitas tinggi di berbagai bidang.
    • Beasiswa dapat memberikan akses ke institusi-institusi terbaik tanpa memberatkan penerima secara finansial.
  2. Kesempatan Belajar di Lingkungan Multikultural:
    • Melalui beasiswa, penerima dapat belajar dan hidup di lingkungan yang multikultural dan beragam. Ini dapat membuka pikiran, memperluas wawasan, dan meningkatkan pemahaman terhadap berbagai budaya.
  3. Pengembangan Bahasa dan Keterampilan:
    • Studi di Jepang memberikan kesempatan untuk menguasai bahasa Jepang, yang dapat menjadi aset berharga dalam karier internasional.
    • Penerima juga dapat mengembangkan keterampilan khusus dalam bidang studi mereka, baik melalui program akademik maupun melalui pengalaman praktis.
  4. Peluang Riset dan Kolaborasi:
    • Beasiswa sering kali mencakup peluang untuk terlibat dalam penelitian dan kolaborasi dengan pakar-pakar di bidang tertentu.
    • Penerima dapat terlibat dalam proyek riset yang inovatif dan berkontribusi pada pengetahuan di bidang mereka.
  5. Jaringan dan Hubungan Internasional:
    • Melalui studi di Jepang, penerima dapat membangun jaringan hubungan internasional dengan sesama mahasiswa, akademisi, dan profesional.
    • Hubungan ini dapat menjadi aset berharga dalam karier di masa depan dan mendukung pertukaran ilmu pengetahuan dan ide.
  6. Pengalaman Hidup di Jepang:
    • Tinggal di Jepang memberikan pengalaman budaya dan sosial yang unik. Penerima beasiswa dapat terlibat dalam kehidupan sehari-hari Jepang, memahami nilai-nilai, dan meningkatkan pemahaman lintas budaya.
  7. Kesempatan Karier Global:
    • Pendidikan di Jepang, terutama jika didukung oleh beasiswa, dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam pasar kerja global.
    • Pengalaman internasional dan kualifikasi dari lembaga-lembaga terkemuka dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi di tempat lain.
  8. Kontribusi pada Pembangunan Hubungan Bilateral:
    • Penerima beasiswa dapat menjadi duta budaya dan pendidikan, memperkuat hubungan antara Jepang dan negara asal mereka.
    • Mereka dapat berkontribusi pada pembangunan hubungan bilateral dan kerjasama internasional.
Baca :  Mengenal Aneka Bencana Alam Ketika Tinggal di Jepang

Sebelum mengajukan beasiswa, penting untuk memahami persyaratan dan kewajiban yang mungkin terkait dengan program beasiswa tertentu. Setiap beasiswa memiliki kebijakan dan persyaratan yang berbeda, jadi penting untuk membaca informasi dengan cermat sebelum mengajukan permohonan.

Beasiswa S1 D4 Jurusan Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang, Daftar Segera

Untuk hasil akhir seleksi beasiswa MEXT akan diumumkan pada bulan Juli hingga pertengahan Agustus.

Fasilitas 

Untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya hingga program selesai.
  2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/ bulan.
  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang (1 kali).
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar.
  5. Tanpa ikatan dinas.
Baca :  Info Ujian Tokutei Ginou No.1 Konstruksi 2024

Persyaratan

Mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi ini harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif minimal semester 3 jenjang S1/ D4 jurusan sastra/ pendidikan/ budaya/ bahasa Jepang.
  2. Sehat jasmani dan rohani (kondisi kesehatan fisik dan mental yang tidak akan mengganggu jalannya perkuliahan selama di Jepang).
  3. Menguasai bahasa Jepang
  4. Usia maksimal 29 tahun pada tanggal 1 April 2024 (lahir antara 2 April 1994 sampai 1 April 2006).
  5. Direkomendasikan oleh institusi tempat berkuliah saat ini, berdasarkan seleksi internal di institusi masing-masing.
  6. Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun saat sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  7. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliah setelah program beasiswa ini berakhir.

Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman berikut ini:

https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html

Sumber:

https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html diakses pada 1 Januari 2024

Beasiswa S1 D4 Jurusan Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang, Daftar Segera

Semoga bermanfaat 🙂