Bidang Tokutei Ginou di Jepang No.1: Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal. Bidang Tokutei Ginou merupakan program-program pelatihan yang ditawarkan di Jepang untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Program ini cocok untuk para pencari kerja asing yang ingin mengembangkan karier di Jepang.

Tokutei Ginou adalah Status visa/ijin tinggal bagi warga negara asing di Jepang yang mulai berlaku sejak 1 April 2019.Tokutei Ginou sacara harfiah memiliki arti Specific Technical Skill Visa atau Visa Kerja Keahlian Khusus, sekarang lebih dikenal dengan Visa TG/SSW.

Bidang Tokutei Ginou di Jepang No.1: Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal

VISA KERJA SSW/ TG DIBUKA UNTUK BEKERJA DI 14 SEKTOR YAITU :

14 bidang tokutei ginou antara lain:

1. Nursing (Perawat)

Dengan populasi yang semakin menua, Jepang membutuhkan lebih banyak perawat untuk merawat lansia. Program Tokutei Ginou dalam bidang ini memberikan peluang bagi perawat asing untuk belajar budaya dan sistem kesehatan Jepang.

2. Care Worker (Tenaga Perawatan)

Bidang ini berkaitan dengan merawat lansia dan orang dengan kebutuhan khusus. Tenaga perawatan asing berkontribusi pada pelayanan yang lebih luas dan beragam bagi populasi yang rentan.

3. Agriculture (Pertanian)

Program ini membantu menyediakan tenaga kerja bagi sektor pertanian Jepang yang membutuhkan bantuan dalam menangani tanaman, panen, dan pekerjaan pertanian lainnya.

4. Fishery (Perikanan)

Untuk mendukung industri perikanan, Tokutei Ginou memberikan peluang bagi individu untuk bekerja di perairan Jepang, membantu dalam penangkapan ikan dan pemrosesan hasil tangkapan.

5. Manufacturing (Manufaktur)

Industri manufaktur Jepang menghadapi kekurangan tenaga kerja, dan program ini membantu mengisi celah ini dengan menawarkan pelatihan untuk bekerja di sektor manufaktur.

Baca :  Belajar Bahasa Jepang : Contoh Ucapan Selamat Tahun Baru di Jepang

6. Construction (Konstruksi)

Dalam menghadapi pertumbuhan pembangunan yang konstan, program ini membantu menyediakan pekerja dalam industri konstruksi untuk berbagai proyek infrastruktur.

7. Shipbuilding (Pembuatan Kapal)

Jepang memiliki industri pembuatan kapal yang kuat. Program Tokutei Ginou dalam bidang ini membantu mengembangkan tenaga kerja yang terampil di sektor ini.

8. Automobile Maintenance (Perawatan Mobil)

Dalam industri otomotif yang besar, perawatan dan perbaikan mobil menjadi penting. Program ini melatih individu untuk menjadi teknisi otomotif yang berkualitas.

9. Hotel and Hospitality (Hotel dan Perhotelan)

Demi mendukung pariwisata yang berkembang pesat, program ini membantu dalam menyediakan staf hotel dan perhotelan yang dapat berkomunikasi dengan wisatawan asing.

10. Ship Cruising (Industri Kapal Pesiar)

Dengan popularitas kapal pesiar yang terus meningkat, terdapat permintaan untuk staf dalam berbagai posisi di kapal pesiar.

11. Fish Processing (Pengolahan Ikan)

Program ini melatih individu dalam pengolahan ikan dan makanan laut lainnya, mendukung industri makanan laut yang penting di Jepang.

12. Textile Industry (Industri Tekstil)

Meskipun menurun dalam beberapa tahun terakhir, industri tekstil Jepang masih memerlukan tenaga kerja yang terampil dalam pembuatan produk tekstil.

13. Aviation Industry (Industri Penerbangan)

Dalam program ini, individu dilatih untuk bekerja di berbagai aspek industri penerbangan, seperti pemeliharaan pesawat dan layanan bandara.

14. Food Service Industry (Industri Layanan Makanan)

Dalam industri makanan dan minuman yang luas, terdapat permintaan konstan akan koki, pelayan, dan staf restoran lainnya.

Baca :  Cara Mengirim Uang dari Jepang ke Indonesia

Baca Juga: Rekomendasi Website untuk Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

Peluang dan tantangan dari 14 bidang Tokutei Ginou

Peluang dalam program Tokutei Ginou sangatlah besar, terutama karena Jepang membutuhkan tenaga kerja tambahan di berbagai sektor. Ini memberikan kesempatan bagi warga negara asing untuk mengembangkan karier internasional, belajar budaya Jepang, dan berkontribusi pada masyarakat.

Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, termasuk bahasa dan budaya yang berbeda, adaptasi terhadap lingkungan kerja yang baru, serta pemisahan dari keluarga dan lingkungan asal.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Daftar 14 Bidang Tokutei Ginou

Tertarik untuk mengajukan mengikuti program Tokutei Ginou? Konsultasikan dengan kami Aichitrainingcenter.com

Target
Target dari Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal di dalam Tokutei GIno No.1 ini adalah pekerja asing yang memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait dengan industri tersebut. Pemerintah Jepang menargetkan untuk menerima maksimal 11.000 pekerja asing hingga Maret 2024 dalam kurun waktu lima tahun.

Syarat
– Lulus ujian keterampilan yang diperlukan
Ujian keterampilan terdiri dari ujian praktik dan ujian teori.
Ujian Praktik: Ujian untuk setiap jenis pekerjaan
Ujian Teori: Ujian berbasis kertas untuk setiap jenis pekerjaan
– Lulus JFT-Basic atau memiliki kemampuan bahasa Jepang JLPT level N4 atau lebih tinggi

Jenis Pekerjaan
Ujian mencakup enam jenis pekerjaan berikut.
(1) Pengelasan
(2) Penyemprotan
(3) Pengerjaan besi
(4) Penyelesaian
(5) Pengerjaan mesin
(6) Perakitan peralatan listrik

Orang yang telah menyelesaikan Pelatihan Keterampilan No.2 dengan baik akan dibebaskan dari ujian Keterampilan Khusus No.1.

Baca :  Beasiswa S1 D4 Jurusan Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang, Dafyar Segera

Tingkat Kesulitan
Ujian ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan teknis, sehingga tingkat kesulitannya tinggi. Para peserta ujian harus mampu memahami instruksi dari pengawas dan melaksanakan tugas dengan tepat, dan perlu melakukan pekerjaan berdasarkan pertimbangan mereka sendiri. Untuk dapat memahami instruksi dari pengawas dan membuat pertimbangan mereka sendiri, kemampuan bahasa Jepang juga diperlukan.

Basis produksi terkait Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal tersebar di seluruh Jepang, dan sebagian besarnya berada di daerah pedesaan. Khususnya di daerah Setouchi dan daerah Kyushu, Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal adalah industri utama. Oleh karena itu, pekerja asing dengan pengetahuan dan keterampilan terkait industri tersebut sangat dibutuhkan, dan banyak peluang kerja tersedia.
Dengan demikian, sistem ini adalah sistem yang menarik yang menawarkan peluang kerja di Jepang bagi pekerja asing.

Sumber:
Badan​ Pelayanan Imigrasi Jepang
(“Kebijakan tentang Pengoperasian Sistem terkait Tokutei Ginou di Bidang Perawatan,” https://www.moj.go.jp/isa/content/930005131.pdf)
(“Upaya untuk Menerima Tenaga Kerja Asing dan Mewujudkan Masyarakat yang Hidup Bersama,” https://www.moj.go.jp/isa/content/001335263.pdf)
Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (https://www.mlit.go.jp/common/001499665.pdf)

Bidang Tokutei Ginou di Jepang No.1: Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal

Sumber : https://ohayojepang.kompas.com/