Cara Mengirim Uang dari Jepang ke Indonesia. Ada kalanya kamu perlu mengirim uang ke keluarga di Indonesia untuk melunasi tagihan kartu kredit, sekadar memberikan uang untuk keluarga, atau ingin menabung dalam mata uang rupiah. Jika itu terjadi, berikut beberapa pilihan untuk mengirim uang dari Jepang ke Indonesia.

Saat kamu mulai menerima uang selama bekerja di Jepang, ada kalanya kamu memerlukan layanan pengiriman uang baik melalui bank maupun non-bank. Layanan ini digunakan untuk mentransfer uang hasil kerjamu ke Indonesia (atau negara lain).

Semua masalah pasti ada solusinya termasuk cara transfer uang untuk keluarga tercinta di Indonesia. Kebanyakan WNI yang magang di Jepang memang berasal dari keluarga yang kondisi ekonominya menengah kebawah, termasuk saya. Tujuanya tidak lain karena ingin membantu ekonomi keluarga dan merubah nasib menjadi lebih baik.

Cara Mengirim Uang dari Jepang ke Indonesia

Bank

Transfer atau pengiriman uang dari luar negeri merupakan salah satu layanan yang ditawarkan bank. Jadi, kamu bisa langsung datang ke suatu bank lokal di Jepang. Pastikan kamu memang memiliki rekening di bank tersebut. Hanya saja, cara pengiriman uang via bank ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai di suatu rekening bank di Indonesia. Selain itu, biayanya juga tidak murah.

Baca :  Belajar Bahasa Jepang : Contoh Ucapan Selamat Tahun Baru di Jepang

Mayoritas bank-bank besar menyediakan layanan pengiriman uang ke luar negeri melalui online banking. Namun beberapa bank masih mengharuskan nasabah untuk datang ke kantor cabang untuk melakukan pengiriman uang. Biasanya, penerima uang harus memiliki rekening bank yang aktif agar uang bisa ditransfer.

Cara pertama jika ingin mengirim uang ke Indonesia adalah dengan menggunakan BNI. Karena pernah menjalin kerja sama dengan BNI, saya sering mengirim uang melalui BNI ini. Layanan yang tersedia antara lain :

Genkin Kakitome

Teman-teman bisa menggunakan opsi ini jika ingin mengirim uang tidak lebih dari 500.000 yen dengan cara mengirimkan uang tunai menggunakan amplop yang biasa disebut dengan genkin kakitome. Amplop ini bisa dibeli di  seluruh kantor pos Jepang seharga 20 yen/lembar

Express Transfer

Opsi kedua adalah dengan pengiriman express transfer. Nasabah harus melakukan registrasi yang disertai keterangan penerima di Indonesia. Setelah itu kita akan mendapat Nomor Rekening TRF dan BNI Code (Nomor Identifikasi).

Direct Transfer

Opsi terakhir ini digunakan buat teman-teman yang berdomisili di sekitar Tokyo dengan cara mendatangi langsung kantor BNI yang ada di Chiyoda, Tokyo pada hari kerja dari pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore.

Baca :  Bidang Pekerjaan Tokutei Gino No.1 : Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal

Buat teman-teman yang belum terlalu lancar Bahasa Jepang, Jangan takut tidak bisa berkomunikasi karena staf di sana juga bisa berbahasa Indonesia dengan fasih.

Cara Mengirim Uang dari Jepang ke Indonesia

Perusahaan Pengiriman Uang

Sejak 2010, Jepang memperbolehkan perusahaan non-bank untuk melakukan layanan pengiriman uang. Dengan meningkatnya jumlah pekerja asing di Jepang, jumlah perusahaan pengiriman uang non-bank juga meningkat. Loket-loket pengiriman uang bisa ditemukan di mana-mana terutama di kota-kota besar di Jepang.

Jika dibandingkan dengan bank, perusahaan-perusahaan ini lebih fleksibel dalam menawarkan layanannya. Selain itu, biaya pengiriman uang juga lebih murah. Sebelum melakukan transfer uang, kamu perlu mengisi formulir sebagai proses registrasi dan menunjukan kartu identitas yang asli. Pada proses ini kamu juga diminta untuk menuliskan data penerima uang. Setelah transaksi selesai kamu akan menerima nomor kode yang harus diinformasikan kepada penerima uang untuk mengambil uang tersebut.

Di lain pihak, ada juga beberapa perusahaan pengiriman uang yang menyediakan layanan pengiriman langsung dengan pendaftaran keanggotaan sebelumnya. Bila kamu menjadi anggota, kamu bisa mengirimkan uang langsung ke rekening yang didaftarkan, bisa rekening sendiri ataupun keluarga. Jadi, penerima tidak perlu melakukan proses penerimaan uang yang rumit.

Baca :  Persyaratan Bekerja di Jepang, Segera Lengkapi Dokumen Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik

Cara Mengirim Uang dari Jepang ke Indonesia

Dompet Mobile

Dengan semakin berkembangnya inovasi digital, maka hadirlah dompet digital dan aplikasi pengiriman uang secara mobile, seperti Smiles.

Dengan cara ini, pengiriman dan menerima uang akan lebih cepat dan lebih murah, sama seperti kalau menggunakan jasa perusahaan pengiriman uang non-bank. Namun, dengan cara ini, kamu tetap harus menggunakan online banking karena harus menghubungkan akun rekening ke dompet digital. Selain itu, penerima uang juga harus menggunakan aplikasi yang sama untuk menerima uang.

Cara Mengirim Uang dari Jepang ke Indonesia

Semoga bermanfaat 🙂