Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1. Semua orang pasti sudah tahu bahwa Jepang merupakan negara yang sangat maju di antara negara lain di benua Asia, apalagi pada perkembangan teknologinya.

Sektor industri pembuatan kapal dan kelautan Jepang juga mengalami kekurangan tenaga kerja yang cukup serius. Sehingga Industri ini membuka peluang bagi orang dari luar negeri untuk bekerja di bidang ini sebagai pemagang teknis ginou jisshusei maupun pekerja keterampilan khusus tokutei ginou.

Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal adalah salah satu bidang dalam sistem Tokutei Gino No.1 yang diperkenalkan oleh pemerintah Jepang pada tahun 2019.

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Jepang adalah salah satu dari tiga negara pembuat kapal terkemuka di dunia saat ini, menempati peringkat ketiga setelah Cina dan Korea Selatan. Negara ini adalah salah satu produsen kapal perdagangan terbesar di dunia, didukung oleh permintaan armada dagang Jepang, salah satu yang terbesar di dunia. Perkapalan, pembuatan kapal, dan teknik kelautan merupakan inti dari industri maritim Jepang yang saling terkait erat. Bersama-sama, mereka menghadapi – di atas pasar yang sangat kompetitif – tantangan untuk membuat pelayaran maritim Jepang menjadi netral karbon pada tahun 2050.

Sebagian besar basis produksi industri pembuatan kapal dan peralatan kelautan Jepang terletak di daerah regional seperti laut pedalaman Seto dan Kyushu.

Tetapi, populasi tenaga kerja di industri pembuatan kapal dan kelautan telah menurun seiring dengan penurunan populasi lokal.
Alasan penurunan populasi lokal adalah arus keluar kaum muda ke daerah perkotaan seperyi Tokyo dan Osaka, menurunnya angka kelahiran dan tingginya populasi lansia. Jika situasi saat ini terus berlanjut, akan ada kekurangan tenaga kerja lebih dari 20.000 pekerja pada tahun 2023.

Saat ini, untuk meningkatkan jumlah pekerja di industri pembuatan kapal dan peralatan kelautan, pemerintah Jepang mengambil berbagai langkah, seperti mempekerjakan wanita dan mempekerjakan kembali pekerja senior yang sudah pensiun. Serta menerima pesera magang teknis dan pekerja keterampilan khusus.

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

DESKRIPSI KERJA INDUSTRI PEMBUATAN KAPAL DAN KELAUTAN

Dibandingkan langsung mengambil visa keterampilan khusus atau tokutei ginou disarankan agar Anda terlebih dahulu bekerja dengan menggunkan visa magang teknis kemudian melanjutkan dengan visa tokutei ginou setelah kontrak berakhir. Sangat memungkinkan untuk mengambil tes di Indonesia,tetapi biayanya tergolong mahal.

PENGELASAN

Pengelasan adalah pekerjaan yang paling umum dalam pelatihan teknis ginou jisshusei dan keterampilan khusus tokutei ginou dalam industri pembuatan kapal dan kelautan. Ada dua jenis pekerjaan pengelasan yaitu pengelasan manual dan pengelasan semi-otomatis.

Pengelasan adalah teknik pemrosesan untuk menggabungkan dua bahan (komponen) dengan memanaskan dan memberikan tekanan pada bahan. Selain memanaskan dan memberikan tekanan, pengelasan juga digunakan ketika aditif (perekat yang digunakan dengan cara meleleh) digunakan untuk menyatukan material.

Baca :  Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

PENGECATAN

Pengecatan benda-benda yang terdiri dari bahan logam, logam nonferrous, bahan pelapis, dan lain-lain.

Berikut ini adalah contoh benda yang akan dicat dengan lapisan logam :
Bahan baja umum dan lembaran baja yang diolah

  • Aluminium dan paduannya
  • Besi tuang dan baja tuang
  • Seng dan paduannya
  • Baja tahan karat
  • Bahan logam lainnya

PEKERJAAN BESI

Pekerjaan besi membuat struktur tertentu dengan pekerjaan besi struktural (fabrikasi pekerjaan besi struktural) sesuai dengan gambar yang disediakan.

Pekerjaan besi struktural tertentu (pemrosesan pekerjaan besi struktural) meliputi
keseluruhan operasi termasuk, pemotongan, pengeboran, pembengkokan, penyambungan,perangkaian, inspeksi, pengecatan, dan pekerjaan lainnya.

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

FINISHING

Finishing dibagi kedalam 3 jenis pekerjaan

Pekerjaan Finishing Jig dan Perkakasa

Manufaktur jig dan perkakas memerlukan tingkat presisi tertentu melalui berbagai jenis pekerjaan seperti penyetrikaan lembaran, pengamplasan, pengikisan, pengeboran, penyikatan, dan pemolesan.

Jig dan perkakas adalah istilah umum untuk (1) perkakas untuk memasang bahan ke dudukan (jig) dan perkakas potong untuk memotong bahan (tool), lalu (2) peralatan untuk memandu perkakas potong.

Finishing Cetakan

Memperbaiki tekstur permukaan yang kasar dari cetakan dengan menggunakan peralatan mesin seperti mesin gerinda atau dengan memasang bagian-bagian secara manual bersama-sama atau menggiling permukaan datar.

Perakitan Mesin dan Pekerjaan Finishing

Pekerjaan ini meliputi pembongkaran, perakitan, penyetelan, dan pemusatan peralatan mekanis dengan cara pemasangan, pemasangan tekan, dan penghancuran, dll. Serta menyelesaikan bagian dan mesin.

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

PERMESINAN

Penggunaan peralatan pengerjaan logam untuk melakukan pemotongan, pencukuran, dan pembengkokan logam.

Operasi pemesinan dapat dibagi menjadi empat kategori utama

  • Pekerjaan mesin normal
  • Pekerjaan mesin kontrol numerik
  • Pekerjaan mesin frais
  • Pekerjaan pusat pemesinan

PERAKITAN LISTRIK

Perakitan peralatan listrik mengacu pada peralatan listrik industri seperti mesin listrik berputar, transformator, switchboard, dan panel kontrol. Perakitan peralatan listrik melibatkan perakitan dan pemeriksaan peralatan listrik industri dan penyesuaian sistem mekanis.

Ada enam kategori utama pekerjaan dalam perakitan peralatan listrik.

  • Pekerjaan perakitan peralatan listrik yang berputar
  • Pekerjaan perakitan transformator
  • Papan sakelar
  • Pekerjaan perakitan panel kontrol
  • Pekerjaan perakitan switchgear
  • Pekerjaan produksi belitan mesin listrik berputar

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

KEUNTUNGAN BEKERJA DI INDUSTRI PEMBUATAN KAPAL DAN KELAUTAN

MEMPELAJARI TEKNOLOGI JEPANG

Anda dapat mempelajari teknologi Jepang yang digunakan pada industri perkapalan selama Anda bekerja di bidang ini.

GAJI TINGGI

Gaji untuk industri ini relatif tinggi. Karena gaji yang tinggi, perusahaan memilih peserta yang memiliki kualifikasi yang baik.

PROSPEK KERJA YANG BAGUS

Banyak pekerjaan di bidang ini yang tidak bisa digantikan oleh mesin aau robot. Sehingga tenaga Anda tetap dan akan selalu dibutuhkan.

COCOK UNTUK ANDA YANG SUKA PEKERJAAN MERAKIT

Bagi Anda yang sukamerakit brang atau membuat barang kerajinan tangan. Kami yakin ini adalah pekerjaan yang cocok untuk Anda. Karenabanyak pekerjaan merakit dan membuat sesuatu yang memerlukan keterampilan tangan di bidang ini.

Baca :  Info Ujian Tokutei Ginou No.1 Konstruksi 2024

TINGGAL LEBIH LAMA DI JEPANG

Anda bisa bekerja di industri ini selama total 10 tahun. Lima tahun dengan visa magang dan lima tahun dengan visa tokutei ginou.
Jika Anda bekerja di Jepang selama 10 tahun, Anda dapat mengajukan permohonan untuk tinggal permanen.

MEMBUKA USAHA SENDIRI

Anda dapat membuka usaha di industri perkapalan setelah bekerjadi Jepang. Anda dapat menerapkan ilmu yang Anda dapatkan selama bekerja.

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Untuk mendapatkan status tinggal Tokutei Gino No.1 “Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal”, peserta diwajibkan lulus ujian yang membuktikan tingkat keterampilan dan kemampuan bahasa Jepang.

Namun, bagi mereka yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 di bidang tersebut dengan baik, ujian berikut akan dikecualikan.

Jika kamu telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 di bidang selain industri pembuatan kapal, hanya ujian bahasa Jepang yang akan dikecualikan.

1. Ujian keahlian

Mereka yang ingin mendapatkan kualifikasi tersebut diwajibkan lulus salah satu dari dua ujian berikut (a)/(b).

(a) Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.1
Ikhtisar ujian adalah sebagai berikut.

Tingkat Keterampilan: Tingkat yang dapat memastikan bahwa peserta memiliki keahlian dan keterampilan tertentu yang dapat langsung digunakan dalam pekerjaan di bidang ini. Tingkat kesulitan di mana sekitar 70% orang yang memiliki pengalaman kerja sekitar 2 tahun dapat lulus tanpa mempersiapkan ujian ini terlebih dahulu.

Syarat mengikuti ujian:

  •   Berusia 17 tahun atau lebih pada hari ujian
  •   Jika mengikuti ujian di Jepang,  wajib memiliki status tinggal di Jepang (Visa kunjungan singkat juga diperkenankan.)

Bahasa Ujian: Bahasa Jepang (Namun, istilah khusus dll dapat ditulis dalam bahasa lain)

Metode Pelaksanaan: Ujian Evaluasi dilakukan melalui ujian praktik dan ujian tertulis. Dan kedua ujian dilaksanakan untuk setiap jenis klasifikasi pekerjaan.

Lokasi ujian: Jepang dan luar negeri (termasuk lokasi di Indonesia)

Ujian Tertulis Ujian Praktik
Klasifikasi Ujian Pengelasan, Penyemprotan, Pengerjaan besi, Penyelesaian, Pengerjaan mesin, Perakitan peralatan listrik(6 jenis)
Metode Paper test dengan metode Benar/Salah (OX) Berbeda untuk setiap jenis pekerjaan
(Diakui lulus jika memenuhi standar yang ditetapkan untuk setiap jenis)
Durasi Ujian 60 menit
Jumlah Soal 30 soal
Nilai Ambang Batas 60% atau lebih

(b) Ujian Keterampilan Tingkat 3(Gino Kentei 3 kyu)

Ujian Keterampilan adalah sistem ujian nasional Jepang yang dilakukan untuk mengevaluasi tingkat penguasaan keterampilan.

Untuk  Penyemprotan, Pengerjaan besi, Penyelesaian, Pengerjaan mesin, Perakitan peralatan listrik,  Ujian Keterampilan Tingkat 3 juga bisa digunakan sebagai pengganti Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.1. Peserta harus lulus baik ujian praktik maupun ujian tertulis.

Untuk bidang pengelasan, karena tidak ada dalam Gino Kentei, Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.1 yang sudah dijelaskan dalam (a) diperlukan, jadi harap berhati-hati.

Baca :  Gaji Kerja di Jepang Bidang Manufaktur Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Ginou No.1

Syarat Mengikuti Ujian:
Syarat mengikuti Ujian Keterampilan Tingkat 3 adalah sebagai berikut.

  •   Memiliki pengalaman kerja dalam pekerjaan yang terkait dengan jenis keterampilan yang diuji
  •   Siswa yang sedang berada di prodi/jurusan yang terkait dengan jenis keterampilan yang diuji

Bahasa ujian: Bahasa Jepang

Metode pelaksanaan: Ujian keterampilan dilakukan melalui ujian praktik dan ujian tertulis.

Nilai ambang batas: Pada prinsipnya, skor 60 atau lebih untuk ujian praktik dan 65 atau lebih untuk ujian tertulis.

Lokasi ujian: Tempat yang ditentukan di setiap prefektur (hanya di Jepang)

2. Ujian bahasa Jepang

Jika kamu bekerja dengan izin tinggal Keterampilan Khusus No.1, sebagian besar pekerjaan dilakukan dalam bahasa Jepang.

Jadi kamu diharapkan memiliki kemampuan bahasa Jepang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan.

Ujian yang diakui untuk membuktikan tingkat kemampuan bahasa Jepang adalah sebagai berikut.

(a)

JFT-Basic JLPT N4
Tingkat Kemampuan Bahasa Jepang Kemampuan untuk melakukan percakapan sehari-hari sampai tingkat tertentu dan tidak mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari
Metode Ujian Sistem CBT Dengan menggunakan  lembar jawaban komputer
Lokasi Ujian Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang → Di Indonesia, dilaksanakan di Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang → Di Indonesia, dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Malang, Semarang, Makassar, Palembang, Cirebon

(b) Selain itu, kamu juga diperbolehkan untuk membuktikan kemampuan Bahasa Jepang dengan mengikuti  ujian yang diakui sebagai setara atau lebih tinggi dari level A2 dalam “Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang”

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Gaji berbeda tergantung wilayah, jam kerja dan shift

13juta〜30 juta/Bulan

Kesimpulan
Konten ujian untuk bidang industri pembuatan kapal dan mesin kapal berbeda tergantung pada jenis pekerjaan. Pastikan untuk mencari tahu secara detail tentang konten ujian untuk jenis pekerjaan yang Anda rencanakan untuk mengikuti ujian.

Provided by Karaksa Media Partner (5 Februari 2024)

Sumber:
Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata https://www.mlit.go.jp/common/001284418.pdf
https://www.moj.go.jp/isa/content/930005147.pdf
https://www.mlit.go.jp/common/001499672.pdf
https://www.mlit.go.jp/common/001499668.pdf
https://www.mlit.go.jp/maritime/content/001621422.pdf

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Sosial https://www.mhlw.go.jp/content/001068406.pdf
https://www.mhlw.go.jp/content/001068407.pdf
https://www.mhlw.go.jp/content/000765976.pdf
https://www.mhlw.go.jp/general/seido/syokunou/ginou/3kyu/

Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Jika Anda tertarik bekerja di Bidang ini, silakan hubungi kami!