Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1. Industri perawatan mobil banyak merekrut tenaga asing melalui program magang dan tokutei ginou (ssw). Bagi Anda yang suka mengutak-atik mobil, pekerjaan perawatan mobil adalah cara yang bagus untuk mendapatkan uang sambil melakukan hobi. Jika Anda menyukai mobil, mengapa tidak mencoba bekerja sebagai montir mobil di Jepang?

Industri perawatan mobil banyak merekrut tenaga asing melalui program magang dan tokutei ginou (ssw). Bagi Anda yang suka mengutak-atik mobil, pekerjaan perawatan mobil adalah cara yang bagus untuk mendapatkan uang sambil melakukan hobi.

Dibandingkan dengan industri lainnya, industri perawatan mobil tidak mengalami krisis tenaga kerja yang parah. Tetapi, industri ini masih kekurangan staff dikarenakan banyaknya pekerja yang sudah lanjut usia dan segera pensiun. Hanya sedikit anak muda di Jepang yang ingin bekerja di industri perawatan mobil karena mereka tidak tertarik dengan mobil.

Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil adalah salah satu bidang dari sistem T​okutei Gino yang diperkenalkan oleh pemerintah Jepang untuk memperluas penerimaan pekerja asing, dan melibatkan pekerjaan seperti perawatan dan inspeksi rutin, dan berkala, dan perawatan khusus untuk mobil.

Apa itu Tokutoi Ginou ?

“TOKUTEI GINOU” atau “Specified Skilled Workers (SSW)” adalah suatu status visa atau izin tinggal di Jepang yang diberikan kepada warga negara asing. Program ini memungkinkan pemegang visa SSW untuk bekerja di perusahaan Jepang dengan hak dan kewajiban yang setara dengan pekerja Jepang. Pada dasarnya, visa ini diperuntukkan bagi tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus dan sangat dibutuhkan di berbagai sektor di Jepang. Program ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan pekerja terampil di negara tersebut sambil memberikan peluang bagi warga asing untuk bekerja dan tinggal di Jepang.

Target

Target adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk inspeksi dan perawatan mobil dan ingin bekerja di Jepang.

Untuk saat ini, jumlah maksimum pekerja Tokutei Gino yang akan diterima di bidang ini adalah 6.500 orang hingga akhir bulan Maret tahun 2024.

Syarat

Untuk bekerja sebagai pekerja asing dengan Tokutei Gino No.1, hal-hal berikut diperlukan.

  • Lulus ujian keterampilan yang diperlukan (ujian tertulis dan praktek)
  • Lulus JFT-Basic atau JLPT N4 atau lebih tinggi

Dalam ujian tertulis, pengetahuan dasar tentang inspeksi, perawatan dan lain-lain akan ditanyakan, dan dalam ujian praktek, akan ditanyakan inspeksi perawatan dan pekerjaan terkait dilakukan dengan cara yang benar.

Orang yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis Magang No.2 di bidang Perbaikan dan Perawatan mobil dibebaskan dari ujian.

Baca :  Gaji di Jepang Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal, Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Tingkat Kesulitan

Pengetahuan dan pengalaman khusus diperlukan untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai di bidang tersebut, dan tingkat kesulitan cukup tinggi karena ujian keterampilan membutuhkan  teknik dan pengetahuan yang benar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil dalam Tokutei Gino No.1 adalah bidang yang memberikan peluang kerja di Jepang bagi orang asing yang memiliki pengetahuan khusus dari pengalaman kerjanya.
Karena industri ini mengalami kekurangan tenaga kerja yang serius, permintaan terhadap pekerja asing yang siap bekerja dengan status Tokutei Gino No.1 semakin meningkat.

Program “Tokutei Ginou” atau “Specified Skilled Workers (SSW)” di Jepang menawarkan beberapa keuntungan bagi pemegang visa tersebut. Beberapa di antaranya melibatkan hak dan perlindungan kerja, serta beberapa fasilitas lainnya:

Keuntungan Tokutei Ginou

  1. Hak dan Kewajiban Setara: Pemegang visa Tokutei Ginou memiliki hak dan kewajiban yang setara dengan pekerja Jepang. Mereka diakui sebagai tenaga kerja yang berkontribusi secara signifikan dalam sektor tertentu.
  2. Izin Tinggal Jangka Panjang: Visa ini memberikan izin tinggal yang lebih panjang, memberikan kesempatan bagi pemegang visa untuk tinggal dan bekerja di Jepang untuk periode yang lebih lama.
  3. Kesejahteraan Sosial: Pemegang visa Tokutei Ginou memiliki akses ke beberapa fasilitas kesejahteraan sosial, seperti asuransi kesehatan dan tunjangan lainnya, mirip dengan pekerja Jepang.
  4. Potensi Kenaikan Gaji dan Promosi: Seiring dengan kemajuan dalam karir dan penguasaan keterampilan, pemegang visa Tokutei Ginou dapat mengalami kenaikan gaji dan peluang promosi di tempat kerja.
  5. Pendidikan dan Pelatihan: Program ini mendorong pemegang visa untuk terus meningkatkan keterampilan mereka melalui pendidikan dan pelatihan tambahan, yang dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja.
  6. Keluarga: Pemegang visa Tokutei Ginou juga dapat membawa keluarga mereka ke Jepang, memberikan kesempatan bagi keluarga untuk tinggal bersama dalam periode tertentu.
  7. Bisa Pindah Perusahaan (dengan bidang pekerjaan yang sama)
  8. Menerima beragam bantuan (dukungan) dari perusahaan

Persyaratan Umum :

  • Pria/Wanita, 18 – 35 Tahun
  • Tinggi badan min. 165cm (pria), & 155cm (Wanita)
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak bertindik dan tidak bertato
  • Tidak buta warna
  • Fotocopy KTP, Ijazah, Akte Kelahiran, dan KK
  • SKCK
  • Foto 3×4 (5 lembar)

Alur Proses :

  1. Pendaftaran
  2. Seleksi (Persyaratan, Medical, dll.)
  3. Pendidikan (Bhs. Jepang N4, JFT-Basic/JLPT)
  4. Ujian Keterampilan (Test Skill bidang pekerjaan)
  5. Test Wawancara dengan client (Perusahaan Jepang)
  6. Pengurusan Administrasi (Visa, Passport, dll..)
  7. Berangkat ke Jepang

Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Mulai dari 200.000 ~ 230.000 yen / bulan (mempertimbangkan pengalaman dan kemampuan) *Lembur: Ya (rata-rata sekitar 30 jam per bulan) *Kenaikan gaji: Ya (setahun sekali) *Manfaat terkait dengan kinerja perusahaan.

Baca :  Syarat Tokutei Ginou No.1 Produksi Makanan dan Minuman

Konten Ujian
Untuk mendapatkan status tinggal Tokutei Gino No.1 dalam bidang tersebut, diwajibkan lulus ujian yang membuktikan tingkat keterampilan dan kemampuan bahasa Jepang.

Namun, jika kamu telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 dengan baik, ujian berikut akan dikecualikan.

Jika kamu telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 di bidang lain selain perbaikan dan perawatan mobil, hanya ujian bahasa Jepang yang akan dikecualikan.

1. Ujian keahlian

(a) Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.1
Merekan yang lulus Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.1 akan diakui telah memenuhi tingkat keterampilan yang diperlukan.
Ikhtisar ujian tersebut adalah sebagai berikut.

Tingkat Keterampilan: Ujian ini mengukur kemampuan yang diperlukan untuk melakukan “Pemeriksaan Rutin”, “Pemeriksaan Berkala”, dan “Perawatan Khusus”, dan mereka yang lulus diakui memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk beroperasi sebagai tenaga kerja yang siap pakai dengan tingkat spesialisasi dan keterampilan tertentu.

Syarat Mengikuti Ujian:

  • Berusia 17 tahun atau lebih pada hari ujian
  • Jika mengikuti ujian di Jepang,  diwajibkan memiliki status tinggal di Jepang (visa kunjungan singkat juga diperkenankan)

Bahasa Ujian: Bahasa Jepang. Namun, furigana ditambahkan ke kanji. Selain itu, terjemahan dalam bahasa Inggris ditambahkan untuk istilah teknis yang ditulis dalam katakana.

Metode Pelaksanaan: Ujian praktik dan ujian teori dengan sistem CBT.

Ujian Teori Ujian Praktik
Konten Ujian 1.Pengetahuan dasar tentang struktur, fungsi, dan penanganan2.Pengetahuan dasar tentang inspeksi, perbaikan, dan penyesuaian3.Pengetahuan dasar tentang struktur, fungsi, dan penanganan alat uji, alat ukur, dan alat perawatan4.Pengetahuan dasar tentang sifat dan penggunaan bahan dan minyak bakar 1.Pekerjaan dasar yang sederhana2.Pembongkaran, perakitan, pemeriksaan sederhana, dan penyesuaian3.Perbaikan sederhana4.Penanganan sederhana alat uji, alat ukur, dan alat perawatan
Metode Soal Benar/Salah(〇✕)dengan sistem CBT Ujian Penilaian dengan sistem CBT
Durasi Ujian 60 menit 20 menit
Jumlah Soal 30 soal 3 tugas(total 9 soal)
Nilai Ambang Batas 65% atau lebih 60% atau lebih
Lokasi Ujian Jepang dan FilipinaBelum pernah diadakan di Indonesia sampai Januari 2024.

(b) Ujian Keterampilan Tingkat 3 (Gino Kentei 3 kyu)
Ujian Keterampilan (Gino Kentei) adalah sistem ujian nasional Jepang yang dilakukan untuk mengevaluasi tingkat penguasaan keterampilan.
Mereka yang lulus “Ujian Keterampilan Mekanik Mobil Tingkat 3” dapat  diakui telah memenuhi tingkat keterampilan yang diperlukan untuk Tokutei Gino No.1.

Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Syarat mengikuti Ujian:
Diperlukan memenuhi salah satu dari persyaratan berikut.

  • Memiliki pengalaman kerja yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang diuji
  • Siswa-siswi yang sedang berada di prodi/jurusan yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang diuji
Baca :  Bagaimana Proses Pindah Kerja di Jepang Beserta Prosedurnya?

Bahasa Ujian: Bahasa Jepang

Metode Pelaksanaan: Ujian praktik dan ujian tertulis

Nilai Ambang Batas: Secara prinsip, skor 60 atau lebih untuk ujian praktik dan 65 atau lebih untuk ujian tertulis.

Lokasi Ujian: Tempat yang ditentukan di setiap prefektur (hanya di Jepang)

2. Ujian Bahasa Jepang
Untuk bekerja dengan status tinggal Tokutei Gino No.1, diharapkan memiliki kemampuan bahasa Jepang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, karena sebagian besar pekerjaan dilakukan dalam bahasa Jepang.

Ujian yang diakui untuk membuktikan tingkat kemampuan bahasa Jepang adalah sebagai berikut.

(a)

JFT-Basic JLPT N4
Tingkat Kemampuan Bahasa Jepang Kemampuan untuk melakukan percakapan sehari-hari sampai tingkat tertentu dan tidak mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari
Metode Ujian Sistem CBT Dengan menggunakan  lembar jawaban komputer
Lokasi Ujian Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang
→ Di Indonesia, dilaksanakan di Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta
Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang
→ Di Indonesia, dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Malang, Semarang, Makassar, Palembang, Cirebon

(b) Selain itu, kamu juga diperbolehkan untuk membuktikan kemampuan Bahasa Jepang dengan mengikuti  ujian yang diakui sebagai setara atau lebih tinggi dari level A2 dalam “Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang” (Baca juga OJl KS 310 )

Kesimpulan
Ujian di bidang ini belum dilaksanakan di Indonesia. Kamu perlu mengikuti ujian di Jepang, jadi pastikan untuk memeriksa informasi tentang tempat ujian dan pendaftarannya di situs web lembaga terkait.

Provided by Karaksa Media Partner (7 Februari, 2024)

Sumber:
Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang
https://www.mlit.go.jp/jidosha/content/001335433.pdf
https://www.mlit.go.jp/jidosha/content/001509964.pdf
https://www.mlit.go.jp/jidosha/content/001513121.pdf

Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Sumber:

  1. Badan Pelayanan Imigrasi  (https://www.moj.go.jp/isa/content/930005131.pdf )
  2. Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism
    (“Kebijakan Pengoperasian Sistem Tokutei Gino di Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil,” https://www.mlit.go.jp/jidosha/content/001509963.pdf )
  3. (“Pedoman Pelaksanaan Ujian Evaluasi Tokutei Gino Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil,” https://www.mlit.go.jp/jidosha/content/001335433.pdf )

Jika Anda tertarik bekerja di Bidang ini, silakan hubungi kami!