Gaji Kerja di Jepang Bidang Manufaktur Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Ginou No.1. Sektor ini adalah salah satu industri terpenting di negara ini, dan dengan mempelajari teknologi di Jepang, Anda akan memperoleh keterampilan yang sangat penting sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari pekerjaan di masa mendatang.

Pekerjaan ini membentuk bagian dan komponen yang terbuat dari logam, plastik, keramik halus, dan bahan lain dengan menerapkan panas atau tekanan. Banyak orang di Indonesia menggunakan mobil dan sepeda motor Jepang, kebenyakan mesin dan bodi mobil mereka terbuat dari hasil penempaan dan pengecoran logam.

Industri yang memproduksi produk dengan cara ini disebut juga dengan industri bahan rekayasa. Material casting, manfukaturing mesin industri, industri terkait informasi listrik dan elektronik dulunya adalah industri yang terpisah, tetapi sekarang digabungkan menjadi satu industri.

Gaji Kerja di Jepang Bidang Manufaktur Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Ginou No.1

PENEMPAAN DAN PENGECORAN LOGAM

Dalam program magang bidang industri ini diklasifikaskan sebagai pekerjaan yang berhubungan dengan mesin dan logam dan terdiri dari 13 jenis pekerjaan :

Pengecoran

Menghasilkan produk dengan cara menuangkan logam cair ke cetakan.

Penempaan Logam

Membuat produk yang berasal dari logam dan baja dengan menggunakan palu atau penekan.

Die Casting

Proses manufaktur dimana alumunium cair dituangkan kedalam cetakan baja.

Permesinan

Pemrosesan bahan logam dengan menggunakan berbagai peralatan mesin seperti mesin bubut, mesin frais, mesin bor, alat pemotong, dan lain-lain.

Metal Pres

Pengepresan dengan mengenakan pada suatu mesin menjadi bentuk yang diinginkan.

Pekerjaan Lembaran Logam

Proses pembuatan lembaran logam untuk berbagai kebutuhan. Pembuatan proses biasanya dilakukan dalam beberapa proses, yaitu forming, pemisahan, joining, dan surface treatment.

Pelapisan

Pelapisanyang dimaksud adalah melapisi logam tipis pada permukaan logam atau bahan lain untuk mencegah korosi.

Anodisasi Alumunium

Anodisasi alumunium adalah proses mengubah alumunium menjadi oksida alumunium pada permukaan yang dilapisi. Anodisasi alumunium merupakan salah satu teknik pewarnaan alumunium sehingga alumunium menjadi kokoh.

Finishing

Proses ini biasanya berupa pengukuran akurasi dari suatu produk atau pengecekan final dari suatu produk. Selain itu dapat berupa perakitan akhir dari suatu produk.

Pemeriksaan yang Divalidasi Mesin

Memeriksa bagian-bagian dari suatu produk atau mesin dengan menggunakanalat ukur atau peralatan lainnya.

Perawatan Mesin

Mencegah kerusakan peralatan dan mesin pabrik sertamempertahankan kinerja mesin.

Pengecatan

Melakukan pengecatan pada material produk ataupun mesin.

Pengelasan

Menyambungkan besi dengan bantuan panas dan tekanan.

Gaji Kerja di Jepang Bidang Manufaktur Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Ginou No.1

2. MANUFAKTUR MESIN INDUSTRI

Industri ini memproduksi mesin-mesin yang dibutuhkan untuk pabrik maupun bidang usaha lainnya. Seperti mesin pertanian, mesin pabrik, mesin konstruksi, dan lain-lain.
Industri ini memeiliki peran yang sangatpenting bagi dunia industri Jepang. Jumlah permintaanya pun terus menngkat seiring dengan tingkat penggunan yang meningkat. Akan tetapi, industri ini juga terdampak krisis tenaga kerjayang cukup serius. Oleh karena itu, banyak orang asing yang bekerja di bidang ini.

Baca :  Gaji Magang Kerja Perikanan dan Budi Daya Perairan di Jepang 2024

Industri ini memiliki jenis pekerjaan yang sama dengan industri logam di atas dengan tambahan 6 jenis pekerjaan sebagai dibawah ini:

Pekerjaan Besi

Pekerjaan ini berupa membuat, merakit, dan memasang material baja.

Perbaikan Peralatan Elektronik

Pekerjaan perbaikan peralatan elektronik.

Perakitan Peralatan Elektronik

Melakukan perakitan peralatan elektronik dan melakukan pemeriksaan hasil pemeriksaan.

Manufaktur Printed Wiring Board

Industri ini memproduksi printed wiring board. Printed wiring biard atau PWB adalah papan yang mengkoneksikan komponen-komponen .

Pencetakan Plastik

Mencetak plastik sesuai dengan bentuk yang telah ditentukan dengan proses pemanasan dengantekanan ataudengan proses pendidikan.

Industri Pengemasan

Mengemas produk dalam bentuk yang kecil hingga besar serta pendistribusian produk.

Gaji Kerja di Jepang Bidang Manufaktur Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Ginou No.1

3. INDUSTRI LISTRIK, ELEKTONIK, DAN INFORMASI

Jepang adalah pengekspor utama mobil maupun komponen-komponen mobil. Permintaan komponen elektronik pun meningkat pesat baik dari dalam maupun luar negeri seiring dengan populernya mobil listrik.
Industri yang memproduksi komponen elektronik semacam itu disebut industri listrik, elektronik, dan informasi.

Sementara permintaan meningkat, tenaga kerja dalam industri ini semakin berkurang dari tahun ke tahun, dan tidak ada prospek perbaikan yang segera. Pemerintah Jepang berupaya meningkatkan produktivitas sumber daya manusia untuk mengurangi kekurangan tenaga kerja dalam industri ini.

Oleh karena itu, industri listrik, elektronik, dan informasi membuka banyak lapangan pekerja bagi tenaga kerja asing baik untuk program magang teknis ginou jisshusei atau keterampilan khusus tokutei ginou.

Berikut ini adalah 13 jenis pekerjaan di industri listrik, elektronik, dan informasi

  1. Permesinan
  2. Pekerjaan pengepresan logam
  3. Pabrik lembaran logam
  4. Pelapisan
  5. Penyelesaian akhir
  6. Perawatan Mesin
  7. Perakitan elektronik
  8. Perakitan Peralatan Listrik
  9. Pembuatan papan sirkuit cetak
  10. Pencetakan plastik
  11. Pengecatan
  12. Pengelasan
  13. Pengemasan

Kali ini, mari kita lihat ikhtisar ujian untuk mendapatkan status kependudukan Tokutei Gino No.1 “Bidang Manufaktur.”

Konten Ujian

Untuk mendapatkan visa Tokutei Gino No.1 di bidang manufaktur,diwajibkan lulus ujian yang membuktikan tingkat keterampilan dan kemampuan bahasa Jepang.

Namun, bagi mereka yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis Magang No.2 di bidang manufaktur dengan baik, ujian berikut akan dikecualikan.

Jika telah menyelesaikan Pelatihan Teknis Magang No.2 di bidang selain manufaktur, hanya ujian bahasa Jepang yang akan dikecualikan.

1. Ujian Keahlian

Sebagai ujian keahlian, Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.1 telah ditetapkan.

Ikhtisar ujian adalah sebagai berikut.

Syarat Mengikuti Ujian:

・Orang asing yang berusia 17 tahun atau lebih pada hari ujian

・Orang yang berniat bekerja di Jepang jika lulus ujian

・Jika mengikuti ujian di Jepang, diperlukan memiliki status tinggal di Jepang

Baca :  Program Tokutei Ginou Pertanian di Jepang, Simak Penjelasannya

Lokasi Ujian: Jepang dan luar negeri (lokasi ujian di Indonesia adalah Jakarta dan Surabaya)

Kategori Pemesinan dan Pengolahan Logam Kategori Perakitan Alat Listrik dan Elektoronik Kategori Perawatan Permukaan Logam
Konten Ujian ・Pengecoran・Pengecoran cetak ・tekan・Pengolahan logam stamping・Pembentukan logam lembaran di pabrik・Penempaan・Pekerjaan besi・Permesinan・Finishing・Pengelasan・Pengecatan・Perakitan peralatan ・listrik・Pencetakan plastic・Pemeriksaan mesin・Pemeliharaan mesin・Pengemasan industry ・Pembentukan logam lembaran di pabrik・Finishing・Pengelasan・Pengecatan・Perakitan peralatan elektronik・Perakitan peralatan listrik・Manufaktur papan kabel cetak・Pencetakan plastic・Pengemasan industry ・Galvanisasi・Proses anodisasi aluminium
Klasifikasi Ujian Pilih dari 19 jenis keterampilan dalam 3 kategori
Bahasa Ujian Bahasa Jepang(Namun, istilah khusus dll dapat ditulis dalam bahasa lain)
Metode Ujian Ujian teori dan praktik menggunakan sistem CBT dan metode paper test
Ujian teori: Mengujikan pengetahuan yang mendukung keterampilan, seperti bahan dan keselamatan kesehatan, metode kerja, dll. Ujian praktik: Mengujikan keterampilan dasar yang harus dikuasai sebagai pekerja terampil, dengan menunjukkan bahan baku, model, foto, dll., dan memberikan penilaian dan keputusan, dll.
Durasi Ujian Total 80 menit untuk ujian teori dan praktik
Nilai Ambang Batas Ujian Teori:Minimal 65%Ujian Praketek:Minimal 60%

2. Ujian Bahasa Jepang

Untuk bekerja dengan status tinggal Tokutei Gino No.1, diharapkan memiliki kemampuan bahasa Jepang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, karena sebagian besar pekerjaan dilakukan dalam bahasa Jepang.

Ujian yang diakui untuk membuktikan tingkat kemampuan bahasa Jepang adalah sebagai berikut.

(a)

JFT-Basic JLPT N4
Tingkat Kemampuan Bahasa Jepang Kemampuan untuk melakukan percakapan sehari-hari sampai tingkat tertentu dan tidak mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari
Metode Ujian Sistem CBT Dengan menggunakan  lembar jawaban komputer
Lokasi Ujian Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang
→ Di Indonesia, dilaksanakan di Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta
Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang
→ Di Indonesia, dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Malang, Semarang, Makassar, Palembang, Cirebon

(b) Selain itu, kamu juga diperbolehkan untuk membuktikan kemampuan Bahasa Jepang dengan mengikuti  ujian yang diakui sebagai setara atau lebih tinggi dari level A2 dalam “Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang”

Gaji Kerja di Jepang Bidang Manufaktur Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Ginou No.1

Bekerja dengan gaji tinggi di atas Upah Minimum menjadi keinginan semua orang. Dengan gaji tinggi, maka pemenuhan kebutuhan setiap harinya tidak akan terkendala.

Mungkin, ada yang sudah merasa cukup dengan gaji UMR, namun ada juga yang merasa kebutuhannya lebih banyak dibandingkan dengan gaji yang didapat. Sehingga mereka akan mencari pekerjaan yang bisa memenuhi kebutuhannya atau bahkan bisa bekerja dengan dua pekerjaan yang berbeda.

Kendati begitu, bekerja di pabrik dan manufaktur menjadi pilihan mereka yang suka bekerja di bidang tersebut. Tapi mungkin orang lain pun berpikir bahwa bekerja di pabrik tentu mendapatkan penghasilan yang rendah.

Baca :  Gaji di Jepang Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil, Cek Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Gino No.1

Tetapi tidak bagi yang bekerja di Jepang. Di sana, pekerja manufaktur bisa mendapatkan dengan gaji tertinggi sebesar Rp93 juta per bulan.

Melansir dari Salary Explorer, seseorang yang bekerja di pabrik dan manufaktur di Jepang biasanya berpenghasilan sekitar 351.000 JPY per bulan atau Rp37.217.928 (kurs Rp 106,03). Gaji berkisar mulai dari 130.000 JPY hingga 880.000 JPY per bulan atau Rp13.784.418 – Rp93.309.906 per bulan.

Pendapatan rata-rata di bidang pabrik dan manufaktur adalah 312.000 JPY atau Rp33.082.603, menyiratkan bahwa separuh tenaga kerja di Jepang berpenghasilan kurang dari angka ini, dan separuh lainnya berpenghasilan lebih.

Gaji Rata-Rata di Jepang Bidang Manufaktur

Gaji rata-rata dalam posisi yang bekerja di pabrik dan manufaktur di antaranya Assembly Foreman 148.000 JPY atau Rp15.693.029, Assembly Line Worker 147,000 JPY atau Rp15.586.995, Assembly Supervisor 226,000 JPY atau Rp23.963.680, Assistance Maintenance Manager 528,000 JPY atau Rp55.985.943, dan lain sebagainya.

Sudah diketahui umum bahwa pendidikan tinggi berbanding lurus dengan gaji yang lebih besar, tetapi berapa banyak uang yang dapat menambah penghasilan Anda dengan gelar?

Pekerja dengan sertifikat atau diploma berpenghasilan rata-rata 17 persen lebih banyak dari pada rekan mereka yang hanya mencapai tingkat sekolah menengah.

Karyawan yang memperoleh gelar sarjana mendapatkan 24 persen lebih banyak daripada mereka yang hanya berhasil mendapatkan sertifikat atau diploma.

Profesional yang meraih gelar Master diberikan gaji 29 persen lebih tinggi daripada mereka yang bergelar Sarjana. Pemegang PhD memperoleh 23 persen lebih banyak dari rata-rata pemegang Gelar Master saat melakukan pekerjaan yang sama.

Kesimpulan Gaji Kerja di Jepang Bidang Manufaktur Syarat dan Informasi Ujian Tokutei Ginou No.1

Untuk bidang manufaktur, ada juga situs portal dalam bahasa Indonesia, jadi silahkan periksa informasi terbaru di sini: Situs Portal Sistem SDM Mancanegara Berketerampilan Khusus 

Selain itu, perhatikan bahwa bahasa yang digunakan dalam ujian yang diadakan di luar Jepang telah diubah menjadi bahasa Jepang dari April 2023, yang sebelumnya adalah bahasa negara tempat ujian dilaksanakan.

Provided by Karaksa Media Partner (31 January, 2024)

Sumber:

Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri

(https://www.moj.go.jp/isa/content/001372876.pdf)

(https://www.moj.go.jp/isa/content/930005146.pdf)

(https://www.sswm.go.jp/assets/files/top/news_20230525.pdf)

(https://www.sswm.go.jp/in/)

Anda ingin kerja di Jepang? Daftarkan segera ke LPK Aichitrainingcenter kami siap bantu Anda >> DAFTAR

Semoga bermanfaat ya 🙂