Gaji Tokutei Ginou No.1 Industri Layanan Makanan. Jepang memiliki industri restoran yang berkembang pesat dan banyak orang memulai bisnis di sektor ini. Salah satu perbedaan utama antara industri restoran di Jepang dan negara lain adalah banyaknya restoran yang buka 24 jam sehari.

Restoran di Jepan terkenal dengan pelayanannya yang baik, bahkan pada restoran murah. Saat ini, industri restoran di Jepang sangat kekurangan staf, tidak heran jika Anda ke Jepang, Anda akan menemukan banyak pelayan orang asing di berbagai restoran di Jepang. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa asing.

Gaji Tokutei Ginou No.1 Industri Layanan Makanan

Industri tersebut secara umum mencakup pekerjaan memasak, pelayanan, dan manajemen toko. Industri Layanan Makanan adalah salah satu bidang dari Tokutei Ginou No.1, di mana pekerja asing dapat melakukan berbagai pekerjaan terkait industri layanan makanan dan minuman.

Keseluruhan pekerjaan dalam jasa makan tidak hanya mencakup pekerjaan sebagai pelayan dan staff dapur di restoran, kafetaria, atau makanan cepat saji. Tetapi juga manajemen toko, pembelian bahan baku, pengantaran makanan, dan pengantaran ke rumah. Bekerja di bidang ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa jepang Anda. Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan dan staff lainnya.

Saat ini, destinasi kerja yang populer di kalangan lulusan program studi Bahasa Jepang di Indonesia adalah restoran (industri layanan makanan) di Jepang. Di antara berbagai industri Tokutei Ginou, restoran menawarkan gaji yang tinggi (lebih dari 20 juta per bulan), kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang sambil bekerja, dan juga kesempatan untuk meningkatkan keterampilan sambil menghasilkan uang.

Selain itu, banyak mahasiswa yang ingin bekerja di Jepang dengan visa profesional (Gijinkoku), tetapi sulit untuk langsung diterima setelah lulus. Oleh karena itu, banyak yang memilih untuk bekerja di Jepang terlebih dahulu dengan Tokutei Ginou, kemudian beralih ke pekerjaan dengan visa profesional (terutama sebagai penerjemah) di tengah jalan. Mari kita pergi bekerja di restoran-restoran di Jepang untuk mengaplikasikan kemampuan bahasa Jepang yang telah dipelajari di universitas!

Gaji Kerja Restoran di Jepang

Yang paling membuat semua orang penasaran adalah gaji restoran di Jepang dengan program Tokutei Ginou, bukan?Jobjepang.com telah memperkenalkan pekerjaan di restoran Jepang dengan gaji sekitar 22 juta hingga 28 juta. Terutama, pekerjaan di izakaya yang sering memiliki shift malam bisa mendapatkan gaji sekitar 35 juta. Tentu saja, restoran Jepang dengan gaji tinggi juga memiliki pekerjaan yang berat. Karena ada banyak pelanggan, Anda harus bergerak dengan efisien dan berkolaborasi dengan rekan kerja dengan baik, sehingga kemampuan komunikasi juga diperlukan dalam tingkat tertentu.

Baca :  Meishi : Tata Cara Etika Bertukar Kartu Nama di Jepang

Tokutei Ginou di restoran memiliki gaji tinggi karena dua alasan. Pertama, karena adanya shift malam. Alasan kedua adalah karena banyaknya lowongan pekerjaan di Tokyo, Yokohama, Osaka, dan kota-kota besar lainnya, di mana upah minimumnya lebih tinggi dibandingkan kota lain, sehingga rata-rata gaji pekerjaan di restoran menjadi lebih tinggi.

Jenis Pekerjaan Industri Layanan Makanan

1. Pelayan Restoran

Mengapa pelayanan di Jepang begitu sopan dan santun? Hal ini konon berasal dari semangat ‘Omotenashi’ orang Jepang. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha restoran di Indonesia. Ada baiknya jika Anda mempelajari cara Jepang melayani pelanggan. Dengan bekerja di bidang ini, Anda akan belajar rahasia Jepang dalam melayani pelanggan dengan baik. Dari mulai cara menyapa pelanggan, cara menerima pesanan, cara menyajikan makanan, dan cara membelikan layanan lainnya.

2. Staff Dapur

Staff dapur di restoran Jepang dituntut untuk bekerja dengan cepat agar bisa menyajikan makanan secara cepat dan tepat. Jika dbandingkan dengan staff pelayan, jumlah staff di dapur biasanya cenderung lebih sedikit. Meskipun begitu, tingkat pelayanan restoran tidak boleh menurun. Harus tetap cepa terutama di jam sibuk.

Bekerja di bidang ini akan membuat Anda belajar mengenai efisiensi waktu. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha restoran di masa depan. Sebaiknya Anda bekerja di bidang ini dan dapatkan ilmunya!

3. Jasa Pengantaran Makanan

Sama seperti di Indonesia, orang Jepang juga banyak menggunakan layanan jasa makanan online seperti grab food dan go food.

Karena tingginya peminat jasa makanan online di Jepang. Saat ini banyak restoran khusus pengantaran online atau tidak menyediakan layanan makan di tempat.

Baca :  Sistem Undang-undang Ketenagakerjaan Jepang

Berbeda dengan restoran yang menyediakan layanan makan di tempat. Bidang ini tidak memerlukan banyak pelayan karena hanya membutuhkan staff dapur dan staff pengantaran.

Gaji Tokutei Ginou No.1 Industri Layanan Makanan

Keuntungan Bekerja Sebagai Restoran Di Jepang

  1. Anda akan melayani dan berkomunikasi dengan ratusan pelanggan setiap hari. Tentunya Bahasa Jepang Anda akan meningkat pesat dalam waktu yang singkat.
  2. Jepang terkenal dengan pelayanan restoran nya yang ramah. Anda dapat mempelajari cara restoran Jepang melayani pelanggan.
  3. Gaji pekerja di bidang jasa makanan relatif tinggi dikarenakan banyaknya kebutuhan. Terutama saat ini setelah Jepang resmi membuka border untuk pariwisata. Banyak wisatawan asing yang datang ke Jepang untuk berlibur dan menikmati makanan di Jepang yang terkenal enak.
  4. Anda bisa berpindah perusahaan setelah menyelesaikan kontrak tahunan Anda karena banyaknya restoran yang sedang memerlukan pekerja.
  5. Anda akan bertemu orang baru dar berbagai latar belakang yang tentunya akan memperkaya wawasan Anda.
  6. Saat bekerja di Jepang, Anda akan banyak belajar mengenai proses dari usaha restoran keseluruhannya. Dari mulai dapur, pelayanan pelanggan, dan pelayanan lainnya.

Target
Targetnya adalah orang asing yang memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam industri layanan makanan.

Secara detail, ada empat jenis bisnis yang dapat menerima pekerja asing dengan status kependudukan Tokutei Gino, jadi mereka yang memiliki pengalaman bekerja dalam jenis bisnis berikut dapat memanfaatkan pengalaman tersebut.

Jenis Bisnis Contoh
(1) Bisnis layanan makanan dan minuman yang memasak makanan dan minuman berdasarkan pesanan pelanggan dan membuat mereka makan/minum di tempat kantin, restoran, kedai makanan dan minuman, kedai kopi, dll.
(2) Bisnis layanan makanan dan minuman untuk dibawa pulang yang dan menyediakan makanan dan minuman yang dimasak berdasarkan pesanan pelanggan yang tidak memiliki fasilitas untuk makan/minum di tempat toko khusus bawa pulang, dll.
(3) Bisnis layanan pesan-antar makanan dan minuman yang memasak makanan dan minuman berdasarkan pesanan pelanggan di tempat dan mengantarkannya ke tempat dimana diinginkan oleh pelanggan toko makanan siap saji & bento, toko khusus pesan-antar makanan, bisnis layanan pesan-antar makanan untuk orang tua, dll.
(4) Bisnis layanan makanan dan minuman yang memasak dan menyajikan makanan dan minuman di tempat dimana diinginkan oleh pelanggan toko layanan katering, bisnis layanan Kyusyoku(makan siang yang disediakan di sekolah), dll.
Baca :  Mengenal Aneka Bencana Alam Ketika Tinggal di Jepang

Sumber: 農林水産省「外食業分野における特定技能外国人制度について」

Gaji Tokutei Ginou No.1 Industri Layanan Makanan

Syarat
Syarat untuk bekerja sebagai pekerja asing dengan keterampilan khusus No.1 adalah sebagai berikut:

1. Lulus JFT-Basic atau JLPT N4 atau lebih tinggi
2. Lulus ujian keterampilan yang diperlukan

Namun, mereka yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 dengan baik, akan dibebaskan dari ujian di atas.

Tingkat Kesulitan
Ujian keterampilan di bidang ini diklasifikasikan menjadi tiga bagian besar, sehingga pengetahuan tentang manajemen sanitasi, memasak makanan dan minuman, dan pelayanan diperlukan.

Tingkat kelulusan ujian keterampilan, baik di dalam maupun luar negeri, melebihi 50%. Ujian dilakukan dalam bahasa Jepang meningkatkan level kesulitannya, tetapi bagi mereka yang pernah bekerja di industri layanan makanan di Jepang, ini adalah program yang layak untuk dicoba.

Kesimpulan
Di antara orang asing yang bekerja di industri layanan makanan, ada yang memiliki tujuan untuk mendapatkan pengalaman di Jepang dan membuka toko mereka sendiri setelah kembali ke negara asal mereka.

Dengan peningkatan pariwisata inbound dan lainnya, permintaan untuk tenaga kerja yang bekerja di industri layanan makanan diperkirakan akan terus meningkat. Harapan terhadap pekerja asing di bidang layanan makanan juga akan terus meningkat di masa depan.

Sumber:
Badan Pelayanan Imigrasi (https://www.moj.go.jp/isa/content/930005131.pdf )
Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (https://www.maff.go.jp/j/shokusan/gaisyoku/attach/pdf/gaikokujinzai-1.pdf )

Kementerian Luar Negeri (https://www.id.emb-japan.go.jp/ssw/overview/#a13)

Gaji Tokutei Ginou No.1 Industri Layanan Makanan

Selamat mencoba!