Kuliner Jepang : Okonomiyaki Khas Jepang yang Mendunia. Okonomiyaki merupakan persilangan antara telur dadar dan panekuk, yang dimasak dengan berbagai bahan.

Sering salah dibandingkan, okonomiyaki tidak serupa dengan pizza. Meskipun memiliki kesamaan dalam bentuk bulat, namun kedua makanan ini memiliki ciri yang berbeda.

Okonomiyaki adalah salah satu makanan khas Jepang yang sudah mendunia. Okonomiyaki mudah ditemukan di Osaka, Hiroshima dan Tokyo.

Kuliner Jepang : Okonomiyaki Khas Jepang yang Mendunia

Menurut institusi Jepang, khususnya di Osaka, okonomiyaki (お 好 み 焼 き) memiliki ciri yang khas yaitu perpaduan antara telur dadar dan panekuk.

Secara harfiah okonomiyaki berarti “dimasak sesuka anda”. Kamu dapat menikmati hidangan ini di berbagai restoran populer di seluruh wilayah Jepang.

Okonomiyaki ala Kansai dan ala Hiroshima

Okonomiyaki adalah makanan Jepang yang terbuat dari tepung terigu dicampur dengan air yang berisi sayuran, daging, ikan, dll, yang kemudian dipanggang di atas plat besi dan diolesi saus di atasnya.

Ada 2 macam Okonomiyaki yang terkenal, yaitu Okonomiyaki ala Kansai dibuat dengan mengaduk terlebih dahulu bahan makanan dengan tepung terigu lalu dipanggang, dan Okonomiyaki ala Hiroshima yang dibuat tanpa diaduk bahan makanan dan tepung terigunya tetapi langsung ditumpuk dan dipanggang di atas plat besi panggangan, tetapi ada juga masakan yang serupa di daerah lainnya.

Dipanggangin atau panggang sendiri

Okonomiyaki ala Kansai umumnya di dalamnya ada banyak kol dan mi sehingga tidak mudah untuk memanggangnya, jadi orang restorannya yang akan memanggangkan Oknomiyakinya, jadi Anda bisa memesannya dengan tenang. Kalau Okonomiyaki ala Kansai dan Monjayaki Tokyo yang bahannya dicampur dan dipanggang saja, ada restoran yang sistemnya okonomiyakinya bukan dipanggang oleh pegawai restorannya tetapi dipanggang sendiri oleh pengunjung, jadi lebih baik mengkonfirmasikan dengan pegawai restorannya apakah dipanggangkan atau panggang sendiri. Selagi bisa merasakan budaya Jepang, gunakanlah kesempatan ini untuk mencoba memanggang sendiri Okonomiyakinya.

Baca :  Info Ujian Tokutei Ginou No.1 Konstruksi 2024

Kuliner Jepang : Okonomiyaki Khas Jepang yang Mendunia

Sejarah Okonomiyaki, Kuliner Populer Jepang yang Awalnya Adalah Kreasi Makanan Masa Perang

Jika kamu adalah salah satu penggemar kuliner dari Jepang pasti sudah enggak asing lagi dengan okonomiyaki, nih.

Kuliner yang satu ini adalah sebuah makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu dan diencerkan dengan air atau dashi (kaldu dasar).

Sajian itu lalu ditambah dengan irisan kubis, telur ayam, campuran seafood atau daging babi yang digoreng di atas penggorengan datar yang disebut dengan teppan.

Kuliner ini bisa dinikmati langsung atau dimakan sebagai teman nasi putih. Biasanya makanan ini dimakan menggunakan sendok datar yang disebut kote atau hera yang berfungsi untuk membalik sisi okonomiyaki.

Dari segi bahasa, okonomi dalam bahasa Jepang berarti “sesukanya” dan yaki yang berarti “panggang”.

Sesuai dengan namanya itu, bagian atas atau topping dari okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang menyantapnya. Hidangan ini sangat populer di Jepang, khususnya di Hiroshima dan Osaka.

Selanjutnya kamu akan diajak untuk mengetahui sejarah dan jenis-jenis okonomiyaki yang ada di Jepang. Yuk, simak uraian lebih lanjutnya berikut ini.

Sejarah

Awal mulanya, okonomiyaki ditemukan sebelumnya pecahnya Perang Dunia II pada 1939 dan berkembang beragam variasinya selama perang berlangsung hingga perang berakhir.

Ketika periode Edo (1683-1868), ada sebuah hidangan penutup khusus yang disajikan pada upacara Buddha yaitu Funoyaki.

Hidangan ini lalu berkembang selama periode Meiji (1868-1912) menjadi hidangan yang terasa lebih manis yang disebut dengan Sukesoyaki.

Selama kurang lebih 20-30 tahun, hidangan ini terus mengalami perkembangan dan lebih berfokus pada sausnya, lalu mulai menggunakan nama Yoshokuyaki.

Nama okonomiyaki sendiri baru mulai digunakan pada akhir tahun 30an di Osaka, dan nama tersebutlah yang dipakai dan dikenal hingga saat ini.

Baca :  Program Tokutei Ginou Pertanian di Jepang, Simak Penjelasannya

Keberadaan kuliner ini terus berkembang dan digemari karena selama periode perang beras mulai langka, dan penduduk mulai mencari cara bertahan hidup dengan bahan makanan yang ada.

Mereka lalu mulai membuat pancake gandum sederhana yang kemudian seiring perkembangan diberi tambahan lain seperti telur, daging babi, dan kubis.

Jenis-Jenis Okonomiyaki

Okonomiyaki Udang gaya Osaka dengan hiasan mayones dan saus kental manis pedas dan katsubuoshi.

Tiap daerah di Jepang memiliki okonomiyaki dengan gaya khasnya masing-masing, tapi ada dua yang paling populer di antara para penggemarnya, yaitu Okonomiyaki Kansai atau Osaka dan Okonomiyaki Hiroshima.

Okonomiyaki Kansai atau Osaka

Pada okonomiyaki Kansai atau Osaka, semua bahan dicampur jadi satu dalam adonan tepung sebelum dipanggang.

Jenis okonomiyaki paling klasik disebut dengan butatama yaitu okonomiyaki dengan isian berupa irisan tipis daging babi, dan ikatama yaitu okonomiyaki dengan isian berupa irisan cumi-cumi.

Modanyaki (modernyaki) adalah jenis okonomiyaki yang menggunakan tambahan mi yang sudah dikukus sebelumnya supaya orang yang menyantapnya lebih kenyang.

Kini, rumah makan okonomiyaki sudah menyediakan banyak referensi atau pilihan mulai dari daging sapi, kerang, udang, daun bawang, tenkatsu, asinan jahe warna merah, kimchi, mochi, bahkan hingga jagung kalengan dan taburan keju leleh.

Di daerah Kansai banyak rumah makan khusus okonomiyaki yang menyediakan adonan dan pilihan isi di mana pengunjung bisa memasak sendiri okonomiyaki di atas teppan atau dibantu dengan juru masak resto tersebut.

Baca :  Gaji Tokutei Ginou No.1 Industri Layanan Makanan

Okonomiyaki di Kansai biasanya menambahkan mayones di atas okonomiyaki yang sudah matang untuk menambah perpaduan rasa yang lezat dengan saus khasnya yang manis dan sedikit pedas.

Okonomiyaki Hiroshima

Okonomiyaki gaya Hiroshima atau Hiroshimayaki, dengan topping yakisoba atau mi goreng dengan taburan saus dan irisan daun bawang.

Sedangkan, pada okonomiyaki Hiroshima, dibuat pancake tipis terlebih dulu sebelum menambahkan bahan lain di atasnya sebagai topping.

Okonomiyaki Hiroshima menggunakan lebih banyak irisan kubis dibanding okonomiyaki Kansai atau Osaka.

Mi goreng atau yakisoba dan udon adalah topping standar untuk okonomiyaki ala Hiroshima, yang disebut dengan Hiroshimayaki.

Rumah makan okonomiyaki di Hiroshima sebagian besar menggunakan saus merek Otafuku yang diproduksi oleh produsen saus lokal andalan orang Hiroshima. Merek lain yang digunakan seperti Carp, Mitsuwa, dan Sennari.

Biasanya di pintu masuk akan dipasang tirai atau noren yang bertuliskan merek saus yang digunakan agar pengunjung tahu mereka apa yang digunakan untuk hidangan okonomiyaki di rumah makan tersebut.

Selain itu, produsen saus juga sering mengiklankan produk sausnya pada kote atau sendok datar yang digunakan pengunjung untuk menyantap okonomiyakinya.

Itulah uraian tentang sejarah dan detail tentang jenis-jenis okonomiyaki yang Populer di Jepang.

Kuliner Jepang : Okonomiyaki Khas Jepang yang Mendunia

Sumber : https://ohayojepang.kompas.com/