Panduan Untuk Bekerja di Jepang Simak Berikut Ini. Tertarik untuk memulai karir di Jepang? Berikut beberapa pengetahuan dan panduan dasar untuk orang asing yang ingin bekerja di Jepang.

Punya impian bekerja di Jepang? Ingin tahu bagaimana cara mendapat kerja di Jepang? Simak pembahasan tentang prospek karir dan hal-hal menarik mengenai karir di Jepang .

Negeri sakura ini sebenarnya memiliki banyak jenis visa untuk pekerja asing. Belakangan, visa untuk pekerja asing makin beragam dan memudahkan orang asing, termasuk orang Indonesia, untuk menetap dan bekerja di Jepang.

Panduan Untuk Bekerja di Jepang Simak Berikut Ini

Belakangan bekerja di luar negeri menjadi semakin mudah dilakukan, karena semakin banyak negara yang terbuka untuk pekerja asing, begitu pula Jepang.

Bagi sebagian orang, tinggal dan bekerja di Jepang merupakan salah satu impian besar di dalam hidup mereka. Sampai sekitar sepuluh tahun yang lalu, impian itu mungkin sulit untuk terwujud. Jepang dulunya termasuk salah satu negara yang cukup tertutup dari pekerja asing.

Baca :  Visa Digital Nomad, Apa Manfaatnya, dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Hanya warga negara asing dengan skill di atas rata-rata dan berkemampuan bahasa Jepang sangat baik saja yang dapat bekerja di negara tersebut. Bisa kamu bayangkan, bagaimana sulitnya warga negara asing untuk menembus pasar kerja Jepang pada saat itu.

Untungnya kebijakan tersebut sudah banyak berubah. Jepang saat ini sudah lebih terbuka dan mau menerima lebih banyak warga negara asing untuk bekerja di sana. Hal ini tidak terlepas dari masalah krisis tenaga kerja yang dialami oleh negeri sakura tersebut.

Tidak seimbangnya rasio penduduk usia produktif dibandingkan dengan penduduk usia non-produktif membuat banyak perusahaan di Jepang kekurangan tenaga kerja. Untuk mengatasi hal tersebut, pada tahun 2019 lalu pemerintah Jepang membuat perubahan kebijakan yang membuat warga negara asing untuk lebih mudah mendapat izin untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut.

Panduan Untuk Bekerja di Jepang Simak Berikut Ini

Mau Bekerja di Jepang? Kenali Jenis-jenis Visa Jepang

Jika kamu tertarik untuk bekerja dan menetap di Jepang, berikut kami berikan daftar jenis visa kerja yang saat ini dikeluarkan oleh pemerintah Jepang. Ulasan lebih lengkap klik: Jenis Visa Jepang.

Baca :  Mengenal Aneka Bencana Alam Ketika Tinggal di Jepang

Aspek Hukum yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Bekerja di Jepang

Saat memulai bekerja di negara lain, kita tentu perlu mengurus berbagai keperluan secara hukum. Pengurusan hukum di Jepang terutama untuk bekerja di Jepang, bisa dibilang lebih ketat dari negara lainnya. Ada banyak peraturan dan hukum yang mengikat segala bidang di Jepang. Berikut beberapa langkah awal yang perlu diketahui bila kamu bekerja di Jepang, klik artikel: Aspek Hukum Bekerja di Jepang.

Penasaran Seperti Apa Slip Gaji Jika Bekerja di Jepang?

Salah satu hal terpenting saat melakukan pekerjaan adalah mendapatkan upah, terutama jumlah upah yang bisa dibawa pulang. Begitu pula di Jepang. Secara umum, hal yang akan dipotong secara otomatis dari gaji kotor yang diterima adalah pajak penghasilan dan asuransi kesehatan.

Di sini kami memberikan contoh gaji seorang karyawan swasta yang bernilai 200.000 yen per bulan. Dalam penghitungan ini, kami tidak memasukkan tunjangan selain transportasi. Berikut rincian pengeluaran biaya yang dikurangi dari gaji per bulan, klik artikel: Slip Gaji di Jepang.

Baca :  Gaji Kerja Di Jepang Produksi Makanan dan Minuman 2024

Seperti Apakah Kegiatan Sehari-hari Karyawan Swasta di Jepang?

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata “Salary-man”? Kata ini sebenarnya sebuah kata dalam Bahasa Inggris yang dibuat oleh orang Jepang untuk merujuk pada pria pekerja kantoran. Salary-man ini sendiri memiliki kesan seseorang yang selalu mengenakan setelan jas, pekerja keras, dan banyak lembur.

Panduan Untuk Bekerja di Jepang Simak Berikut Ini

Sumber : https://ohayojepang.kompas.com/