Pengertian Lulus Bahasa Jepang Tingkat A2 Syarat Tokutei Ginou. Apakah kamu salah satu orang yang berkeinginan kerja di Jepang? Kamu bermaksud memenuhi salah satu persyaratan kerja di Jepang untuk VISA Kerja Keahlian Khusus atau disebut Tokutei Ginou atau Specified Skilled Worker, yaitu lulus ujian kemampuan bahasa Jepang setara N4 atau JFT Basic A2?

Syarat kerja di Jepang dengan menggunakan VISA SSW (Tokutei Ginou) adalah memiliki 3 sertifikasi keahlian yaitu keahlian bahasa Jepang dan keahlian bidang pekerjaan yang kamu ambil baik itu ujian bahasa Indonesianya atau bahasa Jepangnya. Syarat ini dikeluarkan oleh pemerintah Jepang sebagai syarat wajib.

Untuk mendapatkan status tinggal Tokutei Gino, pengetahuan dan pengalaman, serta kemampuan bahasa Jepang akan diperlukan. Tokutei Gino adalah program untuk menerima tenaga kerja asing yang siap pakai dalam bidang industri tertentu di Jepang.

Pengertian Lulus Bahasa Jepang Tingkat A2 Syarat Tokutei Ginou

Kamu yang ingin bekerja di luar negeri tentu harus menyiapkan berbagai dokumen perjalanan, termasuk visa. Setiap negara biasanya memberlakukan aturan visa untuk warga negara asing yang bekerja di negaranya. Salah satunya adalah visa kerja Jepang yang ditetapkan oleh pemerintah terhadap para pekerja asing di negaranya.

Visa kerja ini pun sangat beragam, namun yang berlaku untuk para pekerja dengan keterampilan spesifik disebut visa Tokutei Ginou. Jenis visa kerja ini harus kamu miliki apabila ingin bekerja di Jepang.

Apa Itu Visa Tokutei Ginou?

Tokutei Ginou adalah jenis visa kerja yang berguna bagi para tenaga kerja asing untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuan spesifik (PBS).

Ternyata, ada beberapa hal yang melatarbelakangi pemerintah Jepang dalam membuat keputusan mengenai penggunaan visa Tokutei Ginou untuk para pekerja asing yang bekerja di perusahaan Jepang.

Baca :  Mengenal Aneka Bencana Alam Ketika Tinggal di Jepang

Faktor pertama adalah berkurangnya usia produktif warga lokal Jepang, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara jumlah pekerja dengan usia produktif dan permintaan tenaga kerja yang semakin meningkat. Faktor selanjutnya, yaitu banyaknya peluang kerja paruh waktu dan kerja magang di perusahaan Jepang.

Warga negara asing yang sedang kuliah di Jepang bisa bekerja selama 28 jam dalam seminggu atau disebut shikakugai katsudou. Jumlah pemilik shikakugai katsudou ini terus bertambah sehingga pemerintah Jepang memberlakukan status izin tinggal yang terbaru.

Alasan inilah akhirnya pihak pemerintah Jepang membuat ketentuan pengurusan visa kerja Jepang yang terbaru untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja di Jepang. Selain itu, hal ini juga memberikan peluang besar untuk warga negara asing agar bisa bekerja di perusahaan Jepang sesuai dengan keahliannya.

Lalu, apa saja sektor kerja yang diisi dengan Tokutei Ginou? Setidaknya terdapat 14 bidang industri atau sektor kerja yang belum tercukupi kebutuhan tenaga kerjanya. Sektor kerja inilah yang akan diisi dengan Tokutei Ginou di masa yang akan datang, yaitu:

  1. Industri pengolahan makanan dan minuman.
  2. Jasa makanan.
  3. Industri informasi, listrik, dan elektronik.
  4. Manufaktur mesin industri.
  5. Bidang konstruksi.
  6. Industri pembuatan kapal.
  7. Bisnis akomodasi.
  8. Perawatan mobil.
  9. Material casting.
  10. Industri pertanian.
  11. Industri perikanan.
  12. Bisnis aviasi.
  13. Jasa pembersihan gedung.
  14. Keperawatan.

Pengertian Lulus Bahasa Jepang Tingkat A2 Syarat Tokutei Ginou

Jenis-Jenis Tokutei Ginou

Tokutei Ginou terbagi menjadi dua jenis, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tokutei Ginou 1

Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa jenis ini adalah lulus ujian skill dan bahasa level menengah. Masa izin tinggal di Jepang hanya berlaku sampai 5 tahun. Selain itu, pekerja dengan visa ini tidak boleh membawa keluarga untuk ikut tinggal di Jepang. Pekerja dapat pindah tempat kerja di perusahaan lain di Jepang.

Baca :  Tips Cara Perpanjang Visa Untuk Mencari Kerja di Jepang Setelah Lulus

2. Tokutei Ginou 2

Keterampilan yang dibutuhkan untuk jenis visa Tokutei Ginou yang kedua adalah lulus ujian kompetensi tingkat ahli dari jenjang designated skill 1. Masa izin tinggal di Jepang dapat kamu perpanjang selama masih bekerja. Selain itu, kamu juga boleh membawa keluarga inti dan dapat berpindah tempat kerja di perusahaan Jepang.

Tingkat Kemampuan Bahasa Jepang yang Diperlukan

Sebagai standar kemampuan bahasa Jepang, Badan Pelayanan Imigrasi menjelaskan bahwa kemampuan untuk melakukan percakapan sehari-hari sampai tingkat yang tidak menghalangi kehidupan sehari-hari akan diperlukan.

Secara lebih detail dijelaskan bahwa para pekerja asing perlu menunjukkan bahwa mereka telah lulus ujian dengan tingkat A2 atau lebih tinggi dalam “Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang”.

Apa itu Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang?

Pertama-tama, Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang adalah kerangka yang ditetapkan sebagai standar yang seragam untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Jepang. Ini disusun pada tahun 2021 dengan merujuk pada CEFR.

Di antaranya, yang paling dasar adalah skala tingkat yang menunjukkan tingkat penguasaan bahasa Jepang dari A1 (tahap awal) hingga C2 (tahap mahir) dalam 6 tingkat.

Ujian yang Setara dengan A2
Ujian yang tercakup dalam tingkat A2 atau lebih tinggi dalam “Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang” adalah sebagai berikut.

Nama Ujian Tingkat Setara dengan A2 atau Lebih Tinggi Organisasi Pelaksana Ujian
JLPT N4 atau lebih tinggi Japan Foundation

Japan Education Exchanges and Services

J.TEST level E atau lebih tinggi Association for Testing Japanese/J.Test Office
JLCT(Japanese Language Capability Test) JCT4 atau lebih tinggi JLCT Japanese Language Capability Test
STBJ (Standard Test for Business Japanese) BJ4 atau lebih tinggi Applied Japanese Language Education Association
TOPJ Tingkat Dasar A-4 atau lebih tinggi The Asian Foundation for International Scholarship Interchange
The Japanese Language NAT-TEST Tingkat 4 atau lebih tinggi The Administration Committee of Senmon Kyouiku Publishing Co.
J-cert A2.2 atau lebih tinggi Japan International Human Capital Development Organization
JPT日(Japanese Proficiency Test) 370 skor atau lebih tinggi The JPT Japan Executive Committee

Yang paling terkenal adalah JLPT, yang mungkin telah pernah kamu dengar jika tertarik pada Jepang.

Mereka yang lulus salah satu ujian di tabel di atas akan dianggap telah memenuhi kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan untuk mendapatkan status tinggal Tokutei Gino No.1.

Saat mengikuti ujian, harap merujuk ke situs web masing-masing organisasi dan periksa informasi terbaru.

Sumber:
Badan Pelayanan Imigrasi (https://www.moj.go.jp/isa/content/001374132.pdf)
Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)(https://www.bunka.go.jp/seisaku/bunkashingikai/kokugo/hokoku/pdf/93696301_01.pdf)
Kementerian Kehakiman (https://www.moj.go.jp/isa/content/001370592.pdf)

Pengertian Lulus Bahasa Jepang Tingkat A2 Syarat Tokutei Ginou

Semoga bermanfaat 🙂