Pengertian Sistem Gino Jisshu di Jepang. Sistem Pelatihan Magang Teknis merupakan sistem yang diperuntukkan bagi warga negara asing yang memasuki Jepang tanpa mengikuti tes bahasa atau keterampilan dan menghabiskan tiga tahun untuk mempelajari keterampilan dan bahasa melalui pelatihan teknis.

Kali ini, kita coba mengenal ringkasan sistem Gino Jisshu. Pemerintah Jepang menjelaskan tentang sistem Gino Jisshu sebagai berikut.

Ginoujisshu atau Magang adalah program praktik belajar sambil bekerja dengan harapan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama di Jepang ke negara asal nya. Program ginoujisshu atau magang diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta.

Pengertian Sistem Gino Jisshu di Jepang

Program ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin bekerja di Jepang sambil mempelajari teknologidi Jepang. Berbeda dengan Tokutei Ginou, untuk bisa magang di Jepang tidak diperlukan sertifikat Bahasa Jepang dan sertifikat skill.

“Sistem Gino Jisshu adalah sistem untuk menerima orang asing dari negara berkembang dan lainnya di Jepang untuk jangka waktu tertentu (maksimal 5 tahun) untuk kontribusi internasional, dan memberikan keterampilan melalui OJT. (Sistem ini didirikan pada tahun 1993)”.

Ini bertujuan untuk meningkatkan teknologi Jepang dan berkontribusi secara internasional, dan diharapkan dapat digunakan terutama di bidang di mana kekurangan tenaga kerja menjadi masalah.

Isi pekerjaan adalah bahwa peserta Gino Jisshu belajar teknologi dan pengetahuan dari perusahaan Jepang sambil bekerja di perusahaan Jepang. Secara khusus, Gino Jisshu dilakukan di berbagai bidang seperti manufaktur, konstruksi, dan pertanian. Selain itu, pemagang juga dapat belajar tentang kebiasaan dan budaya hidup di Jepang, dan ini juga menjadi bagian dari international exchange.

Baca :  Wisata Jepang : Bunga Sakura akan Mekar Lebih Awal Maret 2024

Pengertian Sistem Gino Jisshu di Jepang

5 KEUNTUNGAN BERPARTISIPASI DALAM GINOU JISSHU(MAGANG)

  1. Tidak Memerlukan Sertifikat Bahasa Jepang. Anda bisa mengikuti job matching meskipun tidak memiliki sertifikat bahasa Jepang.
  2. Menabung. Anda bisa menabung lebih banyak selama 3 tahun magang di Jepang.
  3. Mempelajari Teknologi Jepang. Sesuai dengan tujuannya, program ginoujisshu membantu Anda untuk mempelajari teknologi negara Jepang untuk kemudian di aplikasika di negara asal.
  4. Pengalaman Bekerja di Luar Negeri. Pengalaman bekerja di luar negeri merupakan pengalaman yang sangat berharga dan menjadi nilai jual bagi karir Anda kedepannya. Selain itu, pengalaman bekerja di luar negeri akan mengubah kehidupan Anda 180 derajat.
  5. Investasi Terbaik. Kebanyakan program ginojisshu adalah berbayar. Tetapi, Anda jangan menganggap bahwa biaya tersebut adalah biaya keluar. Anda harus beranggapan bahwa uang yang Anda keluarkan merupakan investasi Anda. Meskipun Anda mengeluarkan puluhan juta saat ini, uang tersebut akan kembali 10 kali lipat dalam 3 tahun. Selain itu, pengalama bekerja di Jepang yang tidak terlupakan, kemampuan bahasa, dan skill lainnya yang Anda dapatkan selama magang akan menjadi investasi terbaik untuk hidup Anda.
Baca :  Beasiswa S1 D4 Jurusan Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang, Dafyar Segera

Bidang Kerja

  • Pertanian (2 pekerjaan, 6 tugas)
  • Perikanan (2 pekerjaan, 10 tugas)
  • Konstruksi (22 pekerjaan, 33 tugas)
  • Pengolahan Makanan (11 pekerjaan, 18 tugas)
  • Tekstil dan pakaian (13 pekerjaan, 22 tugas)
  • Permesinan dan Manufaktur (16 pekerjaan, 31 tugas)
  • Lainnya (20 pekerjaan, 37 tugas)
  • Pekerjaan dan tugas jenis uji internal (2 pekerjaan, 4 tugas)

Bagaimana cara bekerja?

Ada dua jenis tipe organisasi penerima dalam sistem Gino Jisshu.

  1. Tipe pengawasan kelompok – Kamu dapat melamar melalui LPK (Lembaga Pelatihan Kerja).
    Organisasi pengawas nirlaba (koperasi, asosiasi perdagangan dan industri, dll.) menerima pemagang dan melakukan Gino Jisshu di perusahaan dan organisasi lainnya di bawah mereka.
  2. Tipe perusahaan tunggal – Kamu dapat melamar ketika perusahaan merekrut langsung.

Perusahaan dan organisasi lainnya di Jepang menerima karyawan dari local subsidiaries (perusahaan lokal yang didirikan oleh perusahan negara lain ), perusahaan patungan, dan perusahaan mitra dagang di luar negeri dan melakukan Gino Jisshu.”

PERSYARATAN BEKERJA DI JEPANG

  1. Pria usia 18-35 Tahun
  2. Wanita usia 18-35 Tahun
  3. Tinggi dan berat badan proposional
  4. Tidak memiliki riwayat penyakit jantung,TBC, dan patah tulang
  5. Tidak buta warna (buta warna parsial masih diperbolehkan dengan pilihan job terbatas)
  6. Tidak bertato
  7. Memiliki sertifikat ujian kemampuan Bahasa Jepang setara N4 dan SSW untuk Tokutei Ginou
Baca :  Persyaratan Bekerja di Jepang, Segera Lengkapi Dokumen Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik

WAWANCARA GINOU JISSHU MAGANG

Biasanya perusahaan akan mengadakan tes fisik untuk mengetahui apakah peserta memiliki fisik yang kuat atau tidal.

Peserta tidak hanya belajar bahasa Jepang tetapi juga pelatihan fisik di LPK. Diperlukan fisik yang kuat untuk magang ke Jepang.

Perusahaan akan datang ke LPK dan mengadakan seleksi langsung. Biasanya, peserta yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik yang lebih mudah untuk lulus seleksi. Peserta yang memliki kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Jepang, meskipun Bahasa Jepang sederhana sangat disukai oleh perusahaan Jepang.

Saat ini, banyak perusahaan Jepang yang memilih untuk melaksanakan interview online karena dianggap lebih efisien. Dengan adanya interview online ini, peserta bisa lebih santai karena tidak menghadapi pewawancara secara langsung.

Kontak kami segera, info Pengertian Sistem Gino Jisshu di Jepang di bawah ini !