Program Magang di Jepang. Kabar gembira, program magang di Jepang untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) masih akan berlanjut. Apa saja syarat magang di Jepang? Berapa gaji TKI magang di Jepang?

Program magang di Jepang adalah peluang yang menarik bagi individu yang ingin mendapatkan pengalaman kerja di Jepang, memahami budaya dan masyarakat Jepang, serta meningkatkan keterampilan mereka. Jepang adalah tujuan populer bagi program magang karena negara ini dikenal karena teknologi mutakhirnya, industri yang berkembang, dan budaya yang unik.

Berikut adalah beberapa langkah dan informasi umum yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda tertarik untuk mengikuti program magang di Jepang:

  1. Menentukan Tujuan: Pertama, tentukan tujuan Anda untuk magang di Jepang. Apakah Anda ingin memperoleh pengalaman kerja dalam industri tertentu, memahami budaya Jepang, atau meningkatkan keterampilan bahasa Jepang? Tujuan yang jelas akan membantu Anda mencari program yang sesuai.
  2. Jenis Program: Ada beberapa jenis program magang di Jepang, termasuk program yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintah, atau organisasi non-pemerintah. Anda dapat mencari program melalui perusahaan, universitas, atau lembaga yang mengkhususkan diri dalam pertukaran internasional.
  3. Persyaratan Visa: Anda akan memerlukan visa untuk mengikuti program magang di Jepang. Visa yang paling sesuai untuk magang adalah “Visa Aktivitas Budaya” atau “Visa Aktivitas Khusus.” Anda harus memenuhi persyaratan visa dan melengkapi semua dokumen yang diperlukan.
  4. Persiapan Bahasa: Kemampuan berbahasa Jepang dapat sangat membantu dalam memahami instruksi dan berkomunikasi di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki dasar pengetahuan bahasa Jepang sangat disarankan.
  5. Mencari Program: Cari program magang yang sesuai dengan tujuan Anda. Ini bisa dilakukan dengan menghubungi perusahaan-perusahaan, universitas, atau organisasi yang menawarkan program tersebut. Juga, Anda bisa mencari informasi melalui situs web resmi pemerintah Jepang atau situs web lembaga-lembaga yang mengkhususkan diri dalam pertukaran internasional.
  6. Proses Pendaftaran: Setelah menemukan program yang sesuai, ikuti proses pendaftaran sesuai dengan petunjuk dari penyelenggara program. Ini bisa melibatkan pengiriman surat lamaran, wawancara, dan persyaratan lainnya.
  7. Kebijakan Akomodasi: Pastikan Anda memiliki akomodasi yang aman dan sesuai selama tinggal Anda di Jepang. Beberapa program magang mungkin menyediakan akomodasi, sementara yang lain meminta Anda untuk mencarinya sendiri.
  8. Izin Kerja: Pastikan Anda memahami izin kerja dan jam kerja yang berlaku dalam program magang Anda. Anda mungkin perlu mematuhi peraturan tertentu yang berlaku di Jepang.
Baca :  Lowongan untuk 2 orang yang sudah punya Visa Engineering

Program magang di Jepang bisa menjadi pengalaman berharga dalam pengembangan karier Anda, serta kesempatan untuk mengeksplorasi budaya dan kehidupan sehari-hari di Jepang. Pastikan Anda melakukan riset dan persiapan yang cukup sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti program tersebut.

Aichi Training Center adalah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan/pelatihan kerja dan belajar ke Jepang. Aichi Training Center dirintis mulai tahun 2014, dan menjadi lembaga resmi pada tahun 2 Juli 2018 . Aichi Training Center memiliki nama singkatan yang kerap disebut ATC.

ATC sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan di Jepang yang siap menerima peserta dari Indonesia. Adapun peserta yang mendaftar di ATC dapat mengikuti beberapa program untuk ke Jepang yaitu program Kerja Engineering, Porgram Pemagangan, Program Tokutei Ginou (Visa Kerja), dan juga Program kerja Perawat. Tak hanya di bidang kerja, ATC juga sudah bekerjasama dengan instansi-instansi Nihongo Gakkou (Sekolah Bahasa) dan juga Senmon Gakkou (Pendidikan Tinggi Kejuruan) yang siap menerima pelajar dari Indonesia.

Para peserta yang mengikuti program kerja atau belajar ke Jepang melalui Aichi Training center akan diberikan pendidikan bahasa Jepang secara intensif hingga memenuhi standar yang ditetapkan oleh instansi atau perusahaan yang dituju oleh peserta. Selain itu peserta juga akan diberikan pembekalan keahlian lainnya yang menunjang kesiapan kerja atau belajar di Jepang. ATC tidak hanya mempersiapkan pendidikan dan pelatihan peserta untuk kerja atau belajar ke Jepang, tetapi  juga memprioritaskan pembinaan karakter dan standar mutu dalam pemantapan keahlian peserta dalam bidang kerja atau belajar yang dipilih.

Pada Februari 2022, kami memulai operasi skala penuh sebagai organisasi pengirim di Indonesia. Nur Komariah sebagai Direktur, dan staf saat ini terdiri dari 10 orang di bagian pendidikan dan 10 orang di bagian dokumen. Memulai keberangkatan pada Maret 2022, dan per Desember ada sekitar 600 trainee praktek kerja yang berada di Jepang.

Baca :  GALLERY

Bidang pekerjaan terkait dengan konstruksi (30%), pertanian (20%), pengolahan makanan (20%), dan (30%) lainnya di berbagai bidang seperti mesin dan logam, cetakan plastik, pengecatan, pembersihan bangunan dll. Perusahaan kami secara khusus berfokus pada pengembangan karakter trainee praktek kerja, dan hanya fokus memberikan pengetahuan untuk bekerja di Jepang.

Bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam jangka panjang, bukan hanya sekedar memperoleh keterampilan saja, Tetapi Juga dalam hidup. Tujuan kami untuk menjadi penunjuk arah kehidupan yang bermakna bagi mereka.

Untuk itu, kami telah berkolaborasi dengan Pusat Pelatihan L Sierra untuk Trainee Praktek Kerja, yang memiliki spesialisasi dalam pelatihan untuk trainee praktek kerja di Jepang dan berpengalaman selama lebih dari 10 tahun.

Pada April 2022, kami mendirikan perusahaan di Jepang sebagai perusahaan pendukung kantor pusat Indonesia.

Didirikan di Prefektur Chiba.

Direktur : Wawan Wahyudi, yang juga pendiri Organisasi Pengirim Indonesia.

Saat ini, 15 orang staf (Chiba, Aichi, Hiroshima, Kumamoto) bekerjasama dengan perusahaan pusat. Kami mensupport trainee praktek kerja dari Indonesia.

Gabung segera bersama kami LPK Aichi Training Center