Syarat Tokutei Ginou No.1 Produksi Makanan dan Minuman. Dalam bidang ini, pekerjaan utama adalah serangkaian proses seperti pengolahan bahan baku, pemanasan, sterilisasi, pembentukan, pengeringan, dll. Namun, alkohol tidak termasuk dalam minuman tersebut.

Meskipun Jepang terkenal dengan teknologi nya termasuk teknologi manufaktur nya indsutri pengolahan makanan tidak dapat digantikan dengan teknologi robot. Industri ini masih memerlukan banyak tenaga kerja.

Syarat Tokutei Ginou No.1 Produksi Makanan dan Minuman

Saat ini banyak pabrik makanan dan minuman di Jepang yang kekurangan tenaga kerja. Oleh karena itu, inilah kesempatan Anda untuk bekerja di pabrik makanan atau minuman di Jepang.

Bidang Produksi Makanan dan Minuman adalah salah satu bidang spesifik yang menerima pekerja dari luar Jepang dengan status kependudukan Tokutei Ginou.

Penempatan Produksi

Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang melibatkan banyak orang untuk memproduksi atau merakit suatu produk. Biasanya material produk akan bergerak di mesin otomatis secara kontinu.

Bekerja di bagian ini memerlukan konsentrasi yang baik. Karena Anda melakukan sesuatu yang sama secara otomais dan terus menerus. Selain itu, diperlukan fisik yang kuat karena tidak jarang Anda harus berdiri sepanjang waktu.

Pemeriksaan Dan Pengujian

Memeriksa dan menguji kebersihan dan kualitas produk. Anda dituntut untuk memeriksa kebersihan dan memastikan tidak ada produk yang cacat sebelum diteruskan ke konsumen.

Kebanyakan pekerjaan ini membutuhkan tenaga kerja yang sudah terampil di bidang ini. Anda harus bisa memeriksa apakah produk tidak terkontaminasi dengan zat berbahaya atau tercampur dengan bahan lainnya.

Baca :  Program Tokutei Ginou Pertanian di Jepang, Simak Penjelasannya

Pengoperasian Mesin

Mengoperasikan mesin yang digunakan untuk memproduksi makanan dan minuman. Bagian ini merupakan bagian yang perlu memperhatikan keselamatan kerjayang ekstra karenaterkadang melibatkan mesin yang berbahaya jika tidak dioperasikan dengan benar.

Selain itu, tugas bagian ini adalah menjaga dan membersihkan mesin agar tetap bekerja secara optimal. Beberapa mesin bisa saja berhenti atau tidak dapat beroperasi dengan sempurna jika kotor. Oleh karena itu, staff bagian ini harus melakukan pengontrolan dan penjagaan pada mesin.

Pengemasan Dan Pendistribusian

Tergantung pada jenis makanan atau minuman yang diproduksi. Setiap perusahaan memiliki cara dan variasi pengemasan yang berbeda-beda. Produk akan dipilah dan ditimbang untuk kemudian dimasukan kedalam kotak atau kemasan.

Pekerjaan bidan pengemasan memang sering dianggap pekerjaan yang tidak berat. Tetapi, padakebanyakan pabrik pekerjaanini memerlukankekuatan fisik karena Anda harus mengangkat produk yang sudah dikemas dengan jumlah yang banyak.

Selanjutnya adalah bagian pendistribusian. Bagian ini juga memerlukan kekuatan fisik karena Anda harus mengangkat kardus-kardus berisi produk yang tidak ringan. Jika dalam jumlah yang banyak baru menggunakan forklift. Tetapi, hanya yang memilki surat izin mengemudi forklift yang dapat mengoperasikannya.

Manajemen Kebersihan

Orang Jepang terkenal sangat memperhatikan kebersihan makanan. Oleh karena itu, ada tim khusus yang bertugas menjaga kebersihan. Tidak hanya kebersihan dari produk yang diproduksi, tetapi juga kebersihan mesin, peralatan, hingga kebersihan ruang produksi.

Baca :  Bagaimana Proses Pindah Kerja di Jepang Beserta Prosedurnya?

Syarat Tokutei Ginou No.1 Produksi Makanan dan Minuman

Keuntungan Bekerja Sebagai Pengolahan Makanan Dan Minuman Di Jepang

  1. Industri ini merupakan salah satu industri yang banyak menyerap tenaga kerja wanita selain perawat lansia.
  2. Pekerjaan di pabrik makanan dan minuman dapat digolongkan pekerjaan yang sederhana karena biasanya jenis pekerjaannya tidak terlalu banyak. Tetapi, bukan berarti pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mudah. Tetap diperlukan kekuatan fisik dan fokus yang baik.
  3. Jika dibandingkan dengan pekerjaan diluar ruangan pekerjaandi pabrik makanan dan minumanmemang tidak terlalu memerlukan kekuatan fisik. Akan tetapi, ada beberapa bagian yang tetap memerlukan kekuatan fisik. Seperti bagian pendistribusian dan gudang.

Target
Targetnya adalah tenaga kerja asing yang memiliki pengetahuan dasar dan keahlian dalam bidang produksi makanan dan minuman.

Syarat

Syarat untuk bekerja dengan status kependudukan Tokutei Gino No.1 adalah sebagai berikut:
1. Lulus JFT-Basic atau JLPT N4 atau lebih tinggi
2. Lulus ujian keterampilan yang diperlukan

Bagi mereka yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 dengan baik, ujian di atas akan dikecualikan.

Tingkat Kesulitan

Untuk lulus ujian keterampilan, para calon pekerja dapat melakukan serangkaian pekerjaan dalam pembuatan dan pengolahan makanan dan minuman berdasarkan manajemen sanitasi yang tepat.

Baca :  Pengertian Lulus Bahasa Jepang Tingkat A2 Syarat Tokutei Ginou

Selain itu, tidak hanya diperlukan untuk memahami bahasa Jepang dasar dalam sehari-hari, tetapi juga ujian keterampilan dilakukan dalam bahasa Jepang, jadi pemahaman istilah khusus juga diperlukan.
Oleh karena itu, tingkat kesulitannya bisa dibilang tinggi.

Kesimpulan
Bidang produksi makanan dan minuman adalah industri yang masih membutuhkan banyak tenaga kerja di masa depan.

Meskipun mempelajari standar dan istilah khusus yang digunakan dalam manajemen sanitasi bukanlah hal yang mudah, ini adalah bidang yang sangat menantang.

Karena para pekerja dapat memperoleh keterampilan yang dapat digunakan dalam jangka panjang.

Sumber:
Badan Pelayanan Imigrasi (https://www.moj.go.jp/isa/content/930005131.pdf )
Departemen Pembuatan Makanan, Biro Industri Makanan, Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan
(https://www.maff.go.jp/j/shokusan/sanki/soumu/attach/pdf/tokuteiginou_seido.pdf)
Japan Foundation, Japan Educational Exchanges and Services(https://www.jlpt.jp/about/levelsummary.html

Kementerian Luar Negerihttps://www.id.emb-japan.go.jp/ssw/overview/#a13)

Syarat Tokutei Ginou No.1 Produksi Makanan dan Minuman

Semoga bermanfaat 🙂