Wisata Jepang : Bunga Sakura akan Mekar Lebih Awal Maret 2024. Tahun ini, bunga sakura disebut mekar lebih awal daripada biasanya. Pohon sakura diperkirakan akan mekar pertama kali di Prefektur Kochi sekitar tanggal 18 Maret, dan wilayah lain akan menyusul adalah Jepang bagian utara hingga Hokkaido sekitar tanggal 2 Mei 2024.

Pohon sakura diperkirakan mulai berbunga pada tanggal 23 Maret di Tokyo dan akan mekar penuh pada 30 Maret 2024. Perkiraan ini diumumkan oleh Japan Meteorological Corporation pada 10 Januari 2024 lalu.

Untuk Nagoya, bunga sakura akan mulai berbunga sekitar tanggal 21 Maret dan mencapai mekar penuh pada tanggal 31 Maret. Sedangkan kota Kyoto, kemungkinan besar sakura akan mulai mekar pada tanggal 23 Maret, dan mekar penuh diperkirakan sekitar tanggal 1 April.

Wisata Jepang : Bunga Sakura akan Mekar Lebih Awal Maret 2024

Hal ini terjadi karena suhu yang lebih tinggi dari biasanya pada bulan November dan Desember, karena itulah Jepang bagian barat dan timur kemungkinan besar akan melihat bunga sakura mekar lebih awal, sementara di Jepang bagian utara diperkirakan sakura akan bermekaran pada waktu yang sama seperti biasanya.

Bunga sakura adalah simbol musim semi yang sangat terkenal di Jepang. Bunga sakura berasal dari pohon sakura atau ceri Jepang (Prunus serrulata) yang mekar dengan indah setiap musim semi. Berikut adalah beberapa informasi tentang bunga sakura di Jepang:

  1. Musim Sakura:
    • Sakura biasanya mekar pada awal musim semi, sekitar bulan Maret hingga Mei, tergantung pada cuaca dan lokasi geografis di Jepang.
  2. Tipe Sakura:
    • Ada berbagai jenis sakura dengan warna dan bentuk bunga yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah Somei Yoshino (yang paling umum), Shidare-zakura (sakura merayap), dan Yaezakura (sakura ganda).
  3. Tradisi Hanami:
    • Hanami adalah tradisi melihat bunga sakura yang sangat populer di Jepang. Orang berkumpul di taman, kebun, atau tepi sungai untuk menikmati keindahan bunga sakura yang mekar sambil melakukan pique-nique atau minum teh.
  4. Kesejahteraan dan Kesejukan:
    • Sakura dianggap sebagai simbol kecantikan, kesejahteraan, dan kesejukan di budaya Jepang. Meskipun mekarnya sakura hanya berlangsung sebentar, ini dianggap sebagai pengingat akan keindahan dan kehidupan yang singkat.
  5. Festival Sakura:
    • Banyak festival di Jepang yang didedikasikan untuk bunga sakura. Selama festival-festival ini, berbagai acara seperti pameran seni, pertunjukan tradisional, dan pesta makanan diadakan untuk merayakan mekarnya bunga sakura.
  6. Prediksi Mekarnya Sakura (Sakura Zensen):
    • Setiap tahun, cuaca dan suhu diumumkan untuk memperkirakan kapan sakura akan mekar di berbagai daerah Jepang. Pada umumnya, prediksi ini memungkinkan orang merencanakan kegiatan hanami dengan baik.
  7. Sakura di Kesenangan Populer:
    • Bunga sakura juga hadir dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari di Jepang, termasuk di desain seni, pakaian, dan berbagai produk lainnya.
  8. Pohon Sakura di Tempat Bersejarah:
    • Banyak kuil dan istana di Jepang memiliki pohon sakura yang tua dan megah di halaman mereka. Bunga sakura seringkali menjadi latar belakang yang indah untuk bangunan bersejarah ini.
Baca :  Bidang Pekerjaan Tokutei Gino No.1 : Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal

Bunga sakura di Jepang bukan hanya fenomena alam biasa, tetapi juga menjadi simbol budaya dan keindahan musim semi. Mekarnya sakura juga memiliki makna filosofis dalam mengekspresikan keindahan yang sementara dan kehidupan yang penuh perubahan.

Wisata Jepang : Bunga Sakura akan Mekar Lebih Awal Maret 2024

Di tengah terus meningkatnya suhu rata-rata karena pemanasan global, suhu rata-rata di Jepang tahun lalu menjadi rekor tertinggi. Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi Jepang.

Perubahan iklim, bersamaan dengan memanasnya suhu di perkotaan, membuat waktu sakura berbunga di Kyoto menjadi lebih cepat. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut.

Perubahan iklim ini juga membuat pihak terkait semakin sulit memperkirakan kapan bunga sakura akan mulai berbunga.

Baca :  Cara Mengirim Uang dari Jepang ke Indonesia

Sementara durasi mekarnya bunga sakura bergantung pada suhu musim gugur dan perubahannya seiring berjalannya musim.

Suhu diperkirakan akan lebih hangat antara bulan Januari dan Maret dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Perkiraan Japan Meteorological Corporation akan kembali disempurnakan dan diterbitkan ulang beberapa kali antara bulan Januari dan April.

Tahun lalu, perkiraan mekarnya bunga sakura ini diperbaharui sebanyak 13 kali, dan meskipun laporan pertama meleset 9,1 hari, pada laporan keenam informasi berhasil disempurnakan keakuratannya sehingga hanya meleset 2,1 hari.

Pengumuman pada hari Rabu ini merupakan perkiraan pertama musim bunga sakura 2024, dan pengumuman berikutnya akan menyusul pada 25 Januari 2024.

Wisata Jepang : Bunga Sakura akan Mekar Lebih Awal Maret 2024

Baca :  Beasiswa S1 D4 Jurusan Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang, Dafyar Segera

Sumber : https://www.japantimes.co.jp/